Regu Damkar Kabupaten Wonogiri di-BKO-kan untuk membantu pemadaman kebakaran kandang kambing dan rumah dapur di Desa Kendal, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar.(Dok.Damkar Wonogiri)

KARANGANYAR (SUARABARU.ID) – Musibah kebakaran, Jumat (7/6/24) terjadi di Dusun Kendal Kidul RT 31/RW 13, Desa Kendal, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar, Jateng. Menyebabkan kandang ternak kambing dan rumah dapur milik Suyatno ludes terbakar.

Kepala Satpol-PP Kabupaten Wonogiri Joko Susilo dan Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Joko Prayitno, melalui Koordinator Lapangan Damkar Wonogiri, Sriyanto Kembo, menjelaskan, Damkar Pemkab Wonogiri ikut memberikan bantuan pemadaman. Yakni dalam kapasitas di-BKO (Bawah Komando Operasi)-kan ke Damkar Karanganyar.

Dalam hal ini, Damkar Wonogiri mengirimkan satu unit mobil brandweer, dipimpin Rudi selaku Komandan Regu (Danru)-4. Pengiriman mobil brandweer dari Kabupaten Wonogiri, dilakukan atas permohonan Damkar Kabupaten Karanganyar. Pertimbangannya, lokasi kebakaran lebih dekat dijangkau dari Markas Damkar Wonogiri, dibanding dari Markas Damkar Kabupaten Karanganyar.

Kontak permohonan bantuan pemadaman disampaikan Pukul 11.00, dan Regu Piket Damkar Wonogiri tiba di lokasi kebakaran Pukul 11.20, untuk langsung memberikan respon cepat melakukan pemdaman. Ini dilakukan, selagi mobil Damkar dari Karanganyar masih dalam perjalanan menuju ke lokasi.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas, tapi diduga berasal dari api pembakaran sampah di kubangan samping kandang ternak kambing. Karena ada tiupan angin, apinya membesar dan membakar kandang serta merembet membakar ke rumah dapur.

Proses pemadaman dilakukan Tim Damkar Wonogiri bersama Damkar Karanganyar, berlangsung sampai Pukul 12.00. Dibantu Perangkat Desa Kendal, personel Polsek dan anggota Koramil Jatipuro, bersama warga masyarakat setempat.
Bambang Pur