Pascasarjana USM melepas 77 lulusan Magister Manajemen, Magister Hukum dan Magister Psikologi, dalam upacara wisuda yang dilakukan di Gedung V Lantai 6 USM. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pascasarjana Universitas Semarang (USM), melepas 77 lulusan yang terdiri dari 32 lulusan Magister Manajemen, 36 Magister Hukum dan sembilan Magister Psikologi, dalam upacara wisuda yang dilakukan di Gedung V Lantai 6 USM, baru-baru ini.

Menurut Direktur Pascasarjana USM, Dr Indarto SE MSi, mahasiswa yang lulus studi kurang dari dua tahun ada sebanyak 65 orang. Sedangkan yang lebih dari dua tahun ada sebanyak 12 orang.

”Untuk mahasiswa yang lulus dengan predikat Memuaskan, ada sebanyak dua orang, Sangat Memuaskan 44 orang dan dengan Pujian 31 orang,” kata Indarto.

BACA JUGA: Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak Diwisuda sebagai Lulusan Terbaik PWK USM

Sementara itu, Kaprodi Magister Manajemen USM, Dr Yuli Budiati SE MSi menyatakan, lulusan terbaik dari Magister Manajemen diraih Sugimin SE, dengan IPK 3,96.

Magister Hukum dengan Kaprodi Magister Hukum Dr Drs H Kukuh Sudarmanto BA SSos SH MM MH, diraih Gunawan Meidianto SH dengan IPK 3,92. Adapun lulusan terbaik dari Magister Psikologi dengan Kaprodi Magister Psikologi Dr Mulya Virgonita I, Winta SPsi MPsi Psikolog adalah Deafika Trisnanda Riesta SPsi dengan IPK 4,0.

Dalam keterangannya, Dr Kukuh Sudarmanto menyebutkan, lulusan terbaik Gunawan Meidiana SH adalah seorang mahasiswa yang tekun, ulet, disiplin, santun dan punya jiwa semangat tinggi.

BACA JUGA: IPTU Susanto Resmi Dilantik Jadi Kapolsek Kaliwiro

Meskipun rumah dan pekerjaannya ada di Kalimantan Barat perbatasan dengan Malaysia, namun yang bersangkutan pantang menyerah untuk menempuh studi di Magister Hukum USM, dengan metode hybrid.

”Ketika ada KKL, UAS, seminar hasil KKL, ujian proposal, ujian tesis, pelepasan dan wisuda, yang bersangkutan tetap hadir di kampus USM tercinta,” ujarnya.

Rektor USM, Dr Supari Priambodo ST MT yang diwakili Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP menuturkan, Pascasarjana USM ini luar biasa. Alumninya bisa berkompetisi di lapangan, dan selalu memenangkan kompetisi.

”Sudah banyak alumni yang menduduki jabatan-jabatan strategis, baik di pemerintahan, swasta maupun membuka lapangan kerja sebagai wiraswasta/lawyer yang andal. Lulus tepat waktu dengan IPK yang tinggi, bukan hanya untuk mahasiswa-mahasiswi tapi juga untuk program studi dalam rangka akreditasi,” tandasnya.

Riyan