Emil Dardak (Wagub Jatim). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dari 522 lulusan Universitas Semarang (USM) yang diwisuda, ada satu wisudawan yang menarik perhatian para wisudawan, dosen dan mahasiswa.

Dia adalah Emil Elestianto Dardak BBus MSc PhD. Emil adalah Wakil Gubernur Jawa Timur, yang ikut diwisuda bersama ratusan lulusan USM, pada Upacara Wisuda Ke-68, yang dilakukan Rabu (29/5/2024), di Aditorium Ir Widjatmoko, Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari, Kota Semarang.

Meski sudah menyandar gelar Doktor (PhD), suami dari artis Arumi Bachsin itu, diwisuda sebagai lulusan terbaik jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) USM.

BACA JUGA: Rektor Undip Lantik Wakil Rektor Baru, Pesannya: Bekerja Bahagia Jangan Sekadar Menggugurkan Kewajiban

”Dalam perjalanan kehidupan, kita akan bertemu hal-hal baru, yang mungkin akan kita sukai dan jatuh cinta dengan ilmu baru. Disiplin ilmu itu adalah sesuatu yang wajar,” kata Emil dalam sambutannya sebagai wakil wisudawan.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P Hadi MES PhD mengungkapkan, tiga kunci keberhasilan yaitu, tekun, teken, dan tekan.

”Kalau Anda tekun belajar akan mendapat teken (mendapat ijazah-red) dan akan tekan (mencapai cita cita-red). Apa yang Anda lakukan akan membawa nama baik USM, karena Anda adalah duta-duta kami,” tuturnya.

BACA JUGA: IPTU Susanto Resmi Dilantik Jadi Kapolsek Kaliwiro

Menurutnya, manusia adalah citra yang tidak selesai. Keberhasilan kemarin adalah awal perjuangan hari ini, keberhasilan hari ini adalah awal keberhasilan untuk esok pagi.

”Masa depan kita itu dibentuk. Kalau tidak dari Anda, ya tidak dari kita semua, kemungkinan orang lain. Tergantung apakah kita ingin berinovasi berkreativitas untuk membentuk hari esok yang lebih baik,” tandasnya.

Riyan