Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Hotel Mercure, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (29/5).(Foto:SB/Prokopim Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemkab Kebumen kembali meraih prestasi bergengsi tingkat nasional.

Kali ini Pemkab kembali meraih penghargaan sebagai Pengelola Arsip Terbaik Nasional dengan Predikat AA atau Sangat Memuaskan. Tahun lalu Pemkab Kebumen telah mendapat penghargaan yang sama dengan predikat A atau memuaskan.

Penghargaan ini diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Hotel Mercure, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (29/5), bertepatan puncak peringatan Hari Kearsipan ke-54 yang dihelat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras Andi Salman menyerahkan penghargaan tersebut kepada Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih mewakili Bupati Arif Sugiyanto.

Wakil Bupat Kebumen Ristawati Purwaningsih memegang Piagam Penghargaan didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen Sigit Dwi Purnomo dan Kabid Kearsipan Agus Sunaryo.(Foto:SB/Prokopim Kbm)

“Puji syukur Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Kabupaten Kebumen kembali meraih penghargaan pengelolaan arsip terbaik nasional, dengan nilai yang sangat memuaskan atau predikat AA, lebih bagus dari tahun sebelumnya,”ujar Ristawati.

Wakil Bupati menyampaikan terima kasih dan rasa bangga kepada semua pihak. Khususnya jajaran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen yang sudah bekerja keras melakukan pengelolaan kearsipan yang baik, sehingga kembali menuai hasil maksimal.

“Kerja baik ini harus terus dipertahankan, arsip menjadi hal yang penting untuk kelancaran sistem kerja birokrasi. Tanpa arsip yang baik, data kita menjadi bermasalah tidak tertata dan tersimpan dengan baik,”ujar politisi dari PDIP itu.

Menurut Ristawati dengan merujuk yang disampaikan Bupati, bahwa pengeloaan arsip harus bisa sampai ke desa-desa sehingga data bisa terintegrasi. Keamanan dan ketertiban penggunaan data bisa dikelola dengan baik sampai ke pemerintah desa.

Penilaian pengawasan kearsipan eksternal meliputi kebijakan, pembinaan, pengelolaan arsip inaktif, pengelolaan arsip statis, dan sumberdaya kearsipan yang meliputi organisasi, SDM, sarpras, dan pendanaan.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati hadir didampingi Kapala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kebumen Sigit Dwi Purnomo dan Kabid Kearsipan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Agus Sunaryo.

Komper Wardopo