Gilbert Agius (Manager Coach PSIS). Foto: mopsis

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Manajemen PSIS Semarang, resmi memperpanjang masa kerja Gilbert Agius, setelah kontrak sebelumnya selama 1,5 tahun usai. Pelatih asal Malta ini diperpanjang satu musim ke depan, dan jabatannya kini menjadi Manager Coach, tidak hanya Head Coach di tim.

Adapun tugas dari Manager Coach yakni, memimpin dan menyusun tim sejak awal. Mulai dari proses perekrutan pertama tim pelatih hingga pemain. Kemudian saat kompetisi dimulai, Gilbert juga diberi kewenangan sepenuhnya dalam menyusun program tim.

Gilbert pun telah membagi tugas ke tim kepelatihan untuk melakukan scouting (pemantauan bakat). Dimana tim scouting asing dipimpin langsung Gilbert, sedangkan untuk pemain lokal dipimpin Eko Purdjianto dan Muhammad Ridwan.

BACA JUGA: Kapolda Jateng Hadiri Rakernis Logistik Polri 2024, Wujud Komitmen Tingkatkan Layanan Polda Jateng

”Manajemen PSIS telah memperpanjang kontrak Gilbert Agius, selama satu musim ke depan. Namun tugasnya bertambah, menjadi Manager Coach. Karena kami mengadopsi bagaimana tim kepelatihan yang ada di Eropa,” ujar Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, dalam keterangannya di Semarang, Rabu (29/5/2024).

Dia berharap, dengan diperpanjangnya kontrak coach Gilbert, dapat membawa PSIS tampil lebih baik lagi. Karena selama satu setengah musim, Manajemen PSIS menganggap Gilbert mampu membawa PSIS lebih berkarakter dalam bermain.

Dalam kesempatan yang sama juga disampaikan, Manajemen PSIS dan apparel Riors, telah mengakhiri kerja samanya setelah terjalin selama tujuh tahun lamanya. Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PSIS dan Riors, sebenarnya masih ada satu musim lagi.

BACA JUGA: Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak Diwisuda sebagai Lulusan Terbaik PWK USM

Namun setelah dilakukan komunikasi kedua belah pihak, PSIS memutuskan untuk tidak bekerja sama lagi dengan Riors di musim depan, dikarenakan beberapa hal. Yoyok pun memberikan apresiasi atas kerja sama yang telah dibangun dengan Riors.

”Kami memohon maaf, harus mengundurkan diri dari kerja sama lebih awal. Kami sangat menyesal, namun harus kami lakukan untuk menguatkan keuangan klub. Kami berharap Riors terus berkembang, dan lebih sukses ke depan,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, PSIS akan mendapatkan investor baru, khusus untuk pengembangan apparel beserta kerja sama bisnis lainnya, yang sangat menguatkan dari sisi keuangan klub.

”Kami ucapkan terima kasih kepada Riors. Salam hormat kepada Riors yang selama ini telah berkerja sama dengan baik dan profesional,” tukas Yoyok.

Riyan