Sebanyak 331 orang jemaah Calhaj 1445 H/2024 M Kabupaten Wonogiri, akan diberangkatkan pekan depan, melalui Kloter 99 dan 100. Kamis (30/5), mereka melakukan acara pamitan bersama di Pendapa Kabupaten Wonogiri.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Acara pamitan keberangkatan para jemaah Calon Haji (Calhaj) Kabupaten Wonogiri, Kamis (30/5), digelar di Pendapa Kabupaten Wonogiri. Sebanyak 331 orang jemaah Calhaj Kabupaten Wonogiri, rencananya akan berangkat ke Tanah Suci Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6) pekan depan.

Ikut hadir dalam acara pamitan jemaah Calhaj Tahun 1445 H/2024 M tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno, Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono bersama jajaran Forkompimda serta sejumlah pimpinan dinas instansi.

Sebanyak 331 orang jemaah Calhaj Kabupaten Wonogiri, mendapatkan jadwal pemberangkatan pada Kloter 99 dan Kloter 100. Wabup Setyo Sukarno, minta kepada para jemaah Calhaj, untuk fokus menyiapkan diri dan menjaga kesehatan jasmani serta rohaninya.

”Menunaikan ibadah haji, merupakan hal yang sangat diimpikan oleh umat Islam. Untuk itu, bagi jemaah Calon Haji yang sudah dipanggil untuk berangkat haji tahun ini, harus senantiasa mensyukurinya,” tandas Wabup Setyo Sukarno.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Setyo Sukarno bersama Forkompimda dan tamu undangan yang hadir, berupaya mendoakan agar semua jemaah Calon Haji. Agar mereka senantiasa diberi kemudahan dan kelancaran, dalam menjalankan Rukun Islam Kelima di Tanah Suci. Sejak dari keberangkatan sampai nanti pulang, dan bisa membawa predikat haji mabrur.

Kapolres menyampaikan komitmennya, untuk memberikan pengamanan yang optimal, guna memastikan kelancaran pemberangkatan para jemaah Calhaj dari Wonogiri. ”Semoga semua jemaah mendapatkan keberkahan dan keselamatan, dalam menjalankan ibadah haji,” jelas Kapolres.

Jumlah awal jemaah Calhaj Kabupaten Wonogiri sebanyak 333 orang. Tapi kemudian jumlahnya berkurang, karena diantaranya ada yang meninggal. Keberangkatan pertama dengan Kloter 99 bergabung bersama para jemaah Calhaj dari Kabupaten Sukoharjo. Kemudian pada Kloter 100 bersamaan dengan jemaah Calhaj dari Yogyakarta.

Untuk Calhaj termuda adalah Alfandi Yoga Prihadiyanto (25) dengan Tanggal Lahir 26 Desember 1999 dari Kecamatan Jatisrono Wonogiri. Kemudian Calhaj tertua adalah Ny Sri Sadinem (86) dari Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, dengan Tanggal Lahir 17 Nopember 1938.
Bambang Pur