Perpustakaan Unissula menyelenggarakan pelatihan Turnitin bagi mahasiswa. Pelatihan digelar secara hybrid. Adapun acara offline digelar di aula lantai 3 Perpustakaan Unissula, Kamis (30/5/2024). Kepala Perpustakaan Unissula Moh Aris Siswanto SH MH menyebut pelatihan Turnitin akan diselenggarakan secara periodik menjelang wisuda, yaitu empat kali dalam setahun. “Jadi program pelatihan Turnitin ini merupakan arahan dari Rektor, dimana pelaksanaannya akan dilakukan secara periodik menjelang wisuda,” jelasnya.

Pihaknya juga menyebut pelatihan Turnitin
merupakan bekal penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa. “Agar mahasiswa berhati-hati dalam menulis karya ilmiah, menulis skripsi agar tidak melanggar plagiarisme. Karena konsekuensinya sangat besar, yaitu bisa dicabut gelar akademiknya. Selain itu juga dalam rangka mendukung integritas akademik,” jelasnya.

Wakil Rektor I Unissula Dr Andre Sugiyono juga menyebut pentingnya pelatihan ini. Sehingga menurutnya Turnitin menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa terutama dalam menghasilkan karya ilmiah. “Karena untuk mahasiswa S1 ada tugas akhir menulis skripsi sehingga dengan pelatihan ini untuk menghindari plagiarisme. Nanti harapannya mahasiswa tidak hanya mendapatkan pelatihan Turnitin, namun juga media-media lain seperti Mendelay dan lainnya yang dimiliki perpustakaan,” ungkapnya sekaligus membuka acara pelatihan.

Acara dilanjutkan dengan pelatihan yang disampaikan oleh Staf Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unissula Citra Fitriyah. Dimulai dengan pengenalan media Turnitin dan juga praktik oleh para peserta.