Babinsa Serda Dwiyanto (berdiri memakai topi) dari Koramil-10 Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri, setia memberikan pendampingan pada pelayanan Posyandu Lansia di Desa Gemiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Rabu hari ini Tanggal 29 Mei 2024, Indonesia memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Di mana Negara Republik Indonesia, ingin mengapresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga, serta peran penting dan strategi para lanjut usia (Lansia), dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

HLUN diinisiasi oleh Dr KRT Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.(BPUPKI) pada Tangal 29 Mei 1945. Sebagai anggota paling sepuh (tertua), yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis Negara Indonesia.

HLUN dicanangkan pertama kali secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia (RI) pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang. Kegiatan peringatan HLUN pada Tahun 2024 kali ini, langsung menyentuh Lansia, terutama yang berada di kawasan bencana seperti konflik, banjir, tanah longsor, gunung berapi, tsunami, gempa bumi dan kebakaran

Berkaitan itu, negara hadir bersama stakeholders dalam penanganan masalah diatas. Kehadiran Negara ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan.

Dimana pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Lansia. Mandat Peraturan Presiden (Perpres) tersebut, ditujukan kepada Kementerian/Lembaga untuk mewujudkan Lansia sejahtera, mandiri dan bermatabat. Ini sesuai tema peringatan HLUN Tahun 2024: “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.”

Babinsa

Terlepas dari peringatan HLUN tersebut, Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, Babinsa Serda Dwiyanto dari Koramil-10 Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri, selama ini setia tampil memberikan pendampingan pada pelayanan di Posyandu Lansia.

Nama Posyandu Lansian-ya adalah ”Sido Waras,” berada di Dusun Suwondo RT 01/RW 09, Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Di Posyandu ”Sido Waras” tersebut, petugas memberikan pelayanan kepada para Lansia dari dua dusun.

Dua dusun itu terdiri atas Dusun Suwondo dan Dusun Tandurejo. Kepada para Lansia, diberikan pelayanan gratis pemeriksaan kesehatan secara rutin. Juga diberikan pengobatan ringan dan pemberian multivitamin. Mereka juga mendapatkan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Diberikan pula pembimbingan teknis berolahraga ringan yang terukur bagi usia lanjut. Juga pemberian penyuluhan tentang pola makan 4 sehat 5 sempurna. Tujuannya, agar para usia lanjut, tetap memiliki kesehatan jasmani, supaya tetap produktif di level usianya yang telah senja, dan dapat mandiri dalam menjalani kehidupannya.

Melalui pelayanan di Posyandu tersebut, para Kader Kesehatan dan petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) yang didampingi Babinsa, berusaha hadir mewakili pemerintah, untuk memberikan kepeduliannya kepada para Lansia.
Bambang Pur