Peluncuran Pilkada Wonosobo 2024 oleh KPU Jateng dan jajaran Forkompimda setempat. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Masyarakat Wonosobo diimbau untuk ikut menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, pada 27 November 2024. Caranya dengan menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi tersebut.

Demikian ditegaskan Bupati Afif Nurhidayat, saat acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo tahun 2024, di Gedung Sasana Adipura Kencana, setempat.

“Kita harapkan pemimpin terpilih adalah pemimpin terbaik yang dapat membawa Wonosobo semakin maju. Mari sama-sama kawal agar Pilkada berjalan sukses, aman dan damai dengan tingkat partisipasi yang tinggi,” tegasnya.

Menurut Afif, Pilkada merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Penyebarluasan informasi harus dimaksimalkan sehingga benar-benar sampai kepada masyarakat luas.

“Kita mesti menyebarluaskan informasi bahwa Pilkada diselenggarakan pada 27 November 2024 mendatang. Mari bersama menyukseskan Pilkada 2024 dengan melibatkan peran aktif masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut bupati mengatakan, Pilkada merupakan sarana bagi masyarakat untuk ikut menentukan figur dan arah kepemimpinan daerah dalam periode lima tahun mendatang.

Afif menyampaikan agar setiap tahapan Pilkada dapat disosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Sosialisasi itu penting, agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar terkait penyelenggaraan Pilbup-Pilwabup 2024.

“Gunakan hak pilih dengan baik sehingga benar-benar mendapatkan pemimpin daerah yang berkualitas untuk kesejahteraan masyarakat. Partisipasi masyatakat pada pemilu kemarin naik 83 persen,” beber Afif.

“Kami juga berharap partisipasi masyarakat semakin meningkat pada Pilkada Wonosobo. Tidak kalah penting adalah jangan mudah terprovokasi dan percaya hoaks,” tambah Bupati.

Pihaknya juga menekankan, bahwa keberhasilan Pilkada tidak hanya tanggung jawab pemerintah dan penyelenggara pemilu, tetapi juga seluruh warga.

“Partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan untuk memastikan Pilkada berjalan lancar, aman, dan demokratis. Setiap suara Anda sangat berarti,” tambahnya.

Pilkada Sukses

Semua pihak berharap Pilkada Wonosobo 2024 berjalan sukses, aman dan damai. Foto : SB/dok Prokompim

Anggota KPU Jawa Tengah, Basmar Periyanto Amron menambahkan, Pilkada digelar serentak di 37 dari 38 provinsi se-Indonesia dan 508 dari 514 kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

“Tahun 2024 ini merupakan sejarah dilaksanakannya pesta demokrasi. Terjadi 2 kali dalam setahun. Dimana bulan Februari lalu telah dilaksanakan pemilihan presiden dan calon anggota legislatif baik dari tingkat daerah hingga ke tingkat pusat,” terangnya.

Masih di tahun yang sama, lanjut dia, pada tanggal 27 November 2024 nanti juga akan di laksanakan pemilihan kepala daerah serentak di seluruh Indonesia. Semua berharap pesta demokrasi tingkat lokal itu, berjalan sukses, aman damai.

“Mari kawal bersama Pilkada Wonosobo 2024. Jangan sampai karena berbeda pilihan akhirnya menyebabkan kisruh sosial. Karena itu, semua pihak harus saling bekerjasama,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Wonosobo, Ruliawan Nugroho menyampaikan berterima kasih kepada pemerintah daerah atas segala dukungan mulai dari anggaran hingga hal lainnya. Kolaborasi ini sangat penting untuk memastikan pemilu berjalan dengan baik

“Saya mengajak semuanya untuk sama-sama kita sukseskan Pilkada Wonosobo 2024. Dukungan semua pihak sangat berarti. Kami tidak bisa bekerja sendiri untuk menyelenggarakan seluruh tahapan pilkada yang berkualitas dan berintegritas,” tegasnya.

Ruliawan mengatakan, pihaknya berkomitmen menjalankan tahapan Pilkada 2024, juga mengajak masyarakat untuk terlibat aktif menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024.

“Pilkada serentak ini termasuk yang akan memilih Bupati dan wakil Bupati Wonosobo untuk 5 tahun ke depan. Kami berharap hasil pilkada nantinya benar-benar dapat membawa kemajuan bagi daerah. Pilkada 2024 Wonosobo bermartabat,” imbuh dia.

Selain itu, dia berharap, Pilkada 2024 di Wonosobo dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa perubahan signifikan bagi kesejahteraan rakyat.

Proses demokrasi dapat berjalan sukses dan membawa Wonosobo menuju masa depan yang lebih cerah.Dalam kesempatan tersebut juga launching jingel Pilkada 2024 “Ayo Ke TPS” dan maskot bernama “Si Rika”.

Muharno Zarka