blank
Pengunjung berendam di tempat wisata pemandian air panas di Desa Nglobo Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Sabtu, 25 Mei 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Desa Wisata yang dijalankan oleh Pemerintah Desa Nglobo, Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, merupakan Desa yang terkenal dengan aktifitas pertambangan migas dari Pertamina EP, dan hasil hutan jati terbaik di dunia, ternyata masih menyimpan potensi yang layak untuk dikembangkan.

Wisata pemandian air panas Plumpungb di Desa Nglobo Kecamatan Jiken Kabupaten Blora Jawa Tengah menjadi destinasi wisata yang banyak menarik perhatian para wisatawan akhir-akhir ini. Berlokasi di tengah hutan, wisata air panas Plumpung menjadi tempat wisata favorit di desa Nglobo.

Air panas abadi Plumpung, yang terjadi dari proses pemilahan minyak bumi dengan air itu, cukup unik dan diyakini bermanfaat untuk kesehatan badan, yaitu menghilangkan pegal dan linu sendi-sendi.

Banyak warga dan masyarakat yang datang untuk berendam di wisata air hangat Plumpung ini. Mereka percaya bahwa air hangat itu mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal dan rematik.

blank
Gerbang masuk Wisata pemandian air panas Plumpungb di Desa Nglobo Kecamatan Jiken Kabupaten Blora Jawa Tengah. Foto: Kudnadi Saputro

Dan hal itulah yang menarik perhatian, pemerhati wisata dan seni budaya dari Pati, Ridwan mengatakan tempat ini sangat menarik dan unik untuk dikembangkan agar pengunjung lebih ramai dari wilayah Blora dan sekitarnya.

“Saya tertarik keunikan di wanawisata Plumpung, yang ada di dalam lahan hutan, ini potensi yang luar biasa, komplet, di luar tadi ada pompa angguk minyak, kemudian aktifitas Pertamina, saya yakin ini bagus untuk dikembangkan,” ucap Ridwan.

Wisata air hangat Plumpung ini dibuka untuk umum setiap hari dan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Blora maupun dari luar Blora.

Salah satunya adalah Rasimin, pengunjung wisata Plumpung ini yang datang jauh-jauh dari Pucakwangi Kabupaten Pati.

“Saya datang bersama rombongan keluarga karena penasaran, kebetulan juga ibu saya memiliki rematik kaki dan tangannya sering kesemutan, setelah berendam disini kesemutannya berkurang,” ujar Rasimin.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Nglobo, Pudi Harto menyampaikan bahwa selain wisata air panas Plumpung, untuk para pengunjung juga disediakan warung – warung yang dibuka oleh warga Nglobo, mereka menjual makanan dan minuman, dan atau bernyanyi karaoke, di dekat kolam pemandian, Sabtu, (25/5/2024).

“Untuk melepas lelah, setelah berendam di air panas, bisa ngopi atau ngeteh,” ujar Pudi Harto.

Meskipun terbilang baru, lanjut Pudi Harto, wisata air panas Plumpung, Alhamdulillah banyak dikunjungi orang – orang, dengan tujuan kesehatan, dan menikmati pemandangan alam wisata hutan dan pompa angguk,

“Tempat parkir roda empat juga sudah memadai, pengunjung bisa datang bersama komunitasnya,” jelas Pudi Harto.

“Salah satu alasan pengunjung ingin selalu datang karena tempatnya yang asri ditengah hutan,” kata Kades Nglobo.

Untuk diketahui, rute mobil atau sepeda motor, dari alun-alun kota Blora, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora menuju ke Pemandian Air Hangat Jiken, dalam Hutan Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, sekira 35 menit berjarak sekitar 19,1 kilometer.

Lokasinya arah ke timur melalui Jalan Nasional Blora – Cepu, setelah sampai di simpang tiga TPK Cabak, lalu belok kanan selanjutnya bisa gunakan Maps, https://maps.app.goo.gl/BNoDvbLemjFCxHpD8, bila ragu-ragu.

Kudnadi Saputro