blank
Kepala Disdikpora Kab. Jepara Ali Hidayat saat menari di Gebyar Seni Pendidikan 2024

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kesenian tari tradisional Barongan Lereng Gunung Muria disajikan apik murid-murid SD Negeri 1 Batealit, Jumat (24/5/2024). Gerak lincah mereka dibarengi aksi serempak atau flash mob ratusan orang yang memadati Alun-Alun I Jepara, termasuk Penjabat Bupati Jepara H. Edy Supriyanta.

Kemeriahan diiringi alunan musik khas bertalu-talu menandai pembukaan gelar karya dan pentas seni pendidikan. Kompak, meriah dan seru menjadi suasana yang tergambar kala itu.

Penjabat Bupati H. Edy mengatakan bahwa kegiatan tersebut dapat mengakomodir hasil pembelajaran, dalam implementasi kurikulum merdeka guna mewujudkan profil pelajar Pancasila. Selain pentas seni juga terdapat pameran. Terdapat 70 stan pendidikan dan 80 stan UMKM. “Saya minta acara ini bisa diteruskan, karena memotivasi anak-anak untuk lebih berkreasi,” kata dia.

blank
Tarian jaran kepang di Gebyar Seni Pendidikan 2024

Di sisi lain, ia meminta agar dunia pendidikan di daerahnya nihil kasus kekerasan anak. Tidak ada toleransi jika ada, dan selanjutnya bakal disanksi sesuai aturan. “Karena adik-adik ini merupakan aset bangsa,” tandasnya.

Sementara itu Kepala SD Negeri 1 Batealit Sri Sulistyo Nugrahini menyampaikan, penampilan dari para guru dan muridnya ini mewakili Satkordik Kecamatan Batealit. Total ada 150 peserta yang ia bawa tampil. Sebagian beraksi di atas panggung, lainnya menari secara kelompok di sekitar pentas. “Pertunjukan ini mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan mengusung salah satu nilai P5, yakni kearifan budaya lokal,” tuturnya

Hadepe – Sindi Novitasari