Sejumlah pelukis tergabung dalam Himpunan Perupa Sragen (Himpas) dikunjungi Untung Wina Sukowati saat persiapan pameran di TBJT Jl.Ir.Sutami, Solo, Kamis (23/5) sore. Foto: Anind

SOLO (SUARABARU.ID) – Kalangan seniman tergabung dalam Himpunan Perupa Sragen (Himpas) mengikuti pameran di Pendapa Taman Budaya Jawa Tengah, Solo.

Ketika mereka sedang mempersiapkan pameran, tiba-tiba dikunjungi Untung Wina Sukowati, bakal calon Bupati Sragen, Kamis sore (23/5/2024).  Para seniman pun terkejut, karena dilakukan saat pelukis tengah menyiapkan pameran.

Ketua Panitia Pameran Lukis Jalu Pamungkas menjelaskan pameran lukis bertajuk ” Empowering the Diversity – An International Art Exhibition and Art Performances” . Selain pameran lukisan internasional,  juga ada performing art yang akan digelar selama sepekan.

Panitia juga menampilkan teater, dancer,  pematung, musik modern dan musik etnik kontemporer. Peserta pameran dan performing art  itu juga melibatkan  partisipasi para perupa dari Amerika, Australia, Kanada, Perancis, Cina serta perupa asal Indonesia.

“Pameran lukisan internasional dan performing art itu akan berlangsung selama sepekan, terhitung sejak Jumat 24 Mei hari ini,” terang Jalu Pamungkas.

Digelarnya pameran ini visi misinya untuk menyatukan para seniman di berbagai kota/kabupaten di tanah air.

Untung Wina Sukowati menyatakan dukungannya terhadap Himpas yang memprakarsai pameran lukis internasional dan performing art   di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) yang dulu dikenal dengan sebutan Taman Budaya Surakarta (TBS) itu.

“Saya menyukai seni lukis, juga pelukis  dan kolektor lukisan,” tutur Wina, sapaan akrab Untung Wina Sukowati yang pernah mempelajari Art di London selama tiga tahun itu.

Pihak panitia akan mendaulat Wina, Oei Hong Djien kolektor dan  kurator OHD Museum di Magelang serta Ririn Indah Puspita Yaxley Seniman Indonesia yang kiprah di Australia, untuk membuka pameran itu Jumat (25/5).

“Sangat diharapkan juga ibu Wina dan Oei Hong Djien mau mengoleksi beberapa lukisan yang dipamerkan,” canda R.Rudianto Ahmadi, seorang perupa Sragen.\

Anind