blank
Tim PkM USM memberikan cinderamata usai melakukan pelatihan di Kampung Sentra Bandeng, Tambakrejo, Kota Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM), baru-baru ini memberikan edukasi tentang pengelolaan biaya limbah dan pemanfaatan energi, kepada pelaku UMKM Kampung Sentra Bandeng Tambakrejo, Semarang.

Tim yang didanai USM ini, terdiri dari Ketua Risti Ulfi Hanifah SE MAk Ak, anggota Agung Budiarto SE MM dan Dra Rosyati MSi. Dalam keterangannya, Risti mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk membantu UMKM dalam mengelola biaya limbah dan efisiensi energi melalui penerapan akuntansi lingkungan.

Sebab, pemahaman dan pengetahuan tentang pengelolaan biaya lingkungan yang tepat, dapat membantu pelaku UMKM dalam keberhasilan.

BACA JUGA: BEM FPsi USM Laksanakan PkM di Kelurahan Kemijen

”Akuntansi lingkungan merupakan proses pengidentifikasian, pengumpulan, perkiraan-perkiraan, analisis, laporan dan pengiriman informasi tentang biaya lingkungan, material, limbah dan energi. Dengan penerapan akuntansi lingkungan ini, pelaku UMKM dapat pengelola biaya pengelolaan limbah, sehingga dapat memiliki nilai tambah,” katanya.

Menurutnya, salah satu masalah besar yang dihadapi pelaku UMKM bidang makanan dan minuman dan menjadi isu penting dalam masyarakat adalah, masalah limbah. Permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM yakni, mengelola limbah agar tidak mencemari lingkungan, dan limbah bisa menambah nilai pendapatan UMKM.

”Selain itu juga, melakukan penghematan energi agar efisien. Respons peserta terhadap kegiatan ini cukup bagus. Hal itu terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Kami berharap, kegiatan ini dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengelola usahanya,” ungkapnya.

Riyan