Personel TNI AD dari Tim TMMD Senkuyung Kodim 0728 Wonogiri, tampil memberikan penyuluhan tentang Wasbang kepada warga masyarakat Desa Gedongrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Kodim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Disamping menggarap sasaran bangunan pisik, personel dari Tim Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Kodim 0728 Wonogiri, juga memberikan penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Wawasan Kebangsaan, adalah cara pandang tentang ciri-ciri yang menandai golongan bangsa. Yakni tentang konsepsi cara pandang, yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara, akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Komandan Kodim (Dandim) 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Edi Ristriyono bersama Danramil 06/Batuwarno Kapten Inf Toto Mardoyo melalui Penerangan Kodim (Pendim) setempat, Pelda Indra, menyatakan, penyuluhan Wasbang diberikan kepada warga masyarakat di Desa Gedongrejo, Kecamatan Giriwoyo, kabupaten Wonogiri.

Penyuluhan Wasbang, menjadi salah satu kegiatan nonpisik, dalam pelaksanaan Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 Kodim 0728 Wonogiri. Dalam penyampaian materi penyuluhan Wasbang, kepada warga masyarakat dipahamkan tentang perlunya menumbuhkan jiwa semangat persatuan, kesatuan, dan jiwa nasionalisme, dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepada peserta penyuluhan, diberikan pengertian tentang pentingnya generasi penerus bangsa, yang berkarakter dan memiliki inovasi, guna mewujudkan kemajuan bangsa dan negara. Juga tentang perlunya semua komponen masyarakat, termasuk kaum muda, untuk menumbuhkan jiwa bela negara, dengan dilandasi jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Tim Penyuluh dari TMMD, menekankan kepada para warga dan pemuda, dapat memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya. Tujuannya, untuk meningkatkan kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Bambang Pur