blank
Tingkatkan pengetahuan tim humas, Bapas Semarang gandeng Suarabaru.id gelar sinau bareng. Foto: Dok/Humas (21/5/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Semarang kembali menyelenggarakan kegiatan “Sinau Bareng Pegawai Bapas Kelas I Semarang” (Sireng Bassama) dengan menggandeng media Suarabaru.id, Selasa (21/5/2024).

“Tingkatkan Publikasi Melalui Peran Kehumasan, Wujudkan Kemenkumham Berdampak” menjadi tema dalam kegiatan sinau bareng kali ini, yang dibuka secara langsung oleh Kepala Bapas Semarang, Sarwito, yang diikuti oleh seluruh tim humas, staf Bapas Semarang, mahasiswa Unissula serta UIN Walisongo yang sedang melaksanakan magang di Bapas Semarang.

Sarwito mengungkapkan, pada era keterbukaan informasi publik, posisi humas berperan sangat penting dalam menjaga citra positif suatu lembaga pemerintahan melalui berbagai media sosial. Tantangan yang cukup berat bagi humas saat ini adalah menyampaikan informasi atau materi yang sederhana, namun dikemas dengan sedemikan rupa agar menarik tanpa harus mengurangi esensi dari informasi yang disampaikan.

Menurutnya, saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal apa itu Bapas. Sebagian besar masyarakat hanya tahu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Hal ini menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Melalui peningkatan peran humas diharapkan masyarakat semakin mengenal tugas dan fungsi Bapas.

blank
Kegiatan sinau bareng pegawai Bapas Kelas I Semarang. Foto: Dok/Humas (21/5/2024)

Ia berharap dengan peningkatan peran humas, masyarakat akan lebih mengetahui dan memahami seluruh pelayanan yang ada di Bapas. Tentu saja hal ini menjadi salah satu wujud peningkatan pelayanan. Melihat pentingnya peran humas, Sarwito terus berupaya melakukan langkah-langkah penguatan kehumasan yang ada di Bapas Semarang.

Sarwito menyebut, saat ini memang belum ada jabatan yang secara khusus menangani masalah kehumasan di Bapas Semarang. Langkah yang dilakukan adalah dengan pembentukan tim humas melalui Surat Keputusan Kepala Bapas Semarang. Dengan tim yang ada saat ini, diharapkan dapat melaksanakan seluruh tusi peran humas yang ada di Bapas Semarang.

“Sinau Bareng yang merupakan salah satu inovasi Bapas Semarang sebagai upaya peningkatan kompetensi pegawai, pagi ini kita laksanakan berbeda dengan biasanya. Sireng yang biasanya diisi dengan materi yang berhubungan dengan tugas dan fungsi Balai Pemasyarakatan, pagi ini diisi dengan materi kehumasan dengan menggandeng media Suarabaru.id,” ungkap Sarwito.

Sarwito menyampaikan bahwa kegiatan publikasi atau pemberitaan tidak hanya menjadi tanggungjawab tim humas, namun juga seluruh pegawai harus dapat berkontribusi menyumbangkan berita positif. “Diharapkan dengan kegiatan ini, seluruh pegawai bertambah pengetahuan dalam pembuatan berita yang baik. Sehingga kedepannya mampu berkontribusi menyumbang berita positif bagi humas Bapas Semarang,” terang Sarwito

Sementara itu wartawan Suarabaru.id, Ning Suparningsih yang menjadi narasumber pada Sinau Bareng ini membagikan pengetahuan dan pengalamannya dalam pembuatan berita yang baik dan benar kepada seluruh pegawai Bapas Semarang. Antusias terlihat dari seluruh pegawai Bapas Semarang yang hadir mengikuti jalannya kegiatan.

Ning S