Tim PkM USM memberikan pelatihan senam Stik, kepada sejumlah warga Kalibanteng Kulon, khususnya warga RW 06 Semarang Barat, di Aula Kelurahan Kalibanteng Kulon. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM), belum lama ini memberikan pelatihan senam Stik, kepada warga Kalibanteng Kulon, khususnya warga RW 06 Semarang Barat, di Aula Kelurahan Kalibanteng Kulon.

Tim PkM USM terdiri dari Ketua Andi Nurcahyo SPd MPd, anggota Diah Aryati Puji Lestari SSi MSi dan Sulistyowati ST MT. Mereka dibantu dua mahasiswa, Ivan Maulana A dan Fauzi Slamet N.

Menurut Andi, senam Stik merupakan senam irama dengan sarana stik, yang terbuat dari tongkat fiber. Stik itu untuk menambah semangat para insan persenaman atau masyarakat.

BACA JUGA: Tim PkM USM Beri Pelatihan Kesehatan Sendi Lutut

Materi senam Stik ada empat gerakan. Gerakan senam stik adalah, dua langkah ke kanan dan kiri 1-4 hitungan, sambil memukul stik. Lalu satu langkah kanan kiri sambil memukul stik tangan ke depan dan belakang tubuh.

Maju ke depan tangan menggulung-gulung, serta satu kaki buka tutup kanan kiri, hitungan 1-4 kali, kemudian hitungan 5-8 mundur sambil memukul stik. Salah satu tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan gerak motoriknya.

”Kaki kanan maju ke depan, diikuti kedua stik memukul secara dua hitungan ke atas dan bawah. Lalu dipercepat dengan tempo satu hitungan, memukul ke atas dan bawah. Gerakan ini dilanjut sisi tubuh sebelah kiri. Posisi kaki kuda-kuda, sambil memukul stik ke lantai dan di depan dahi pemukul secara perlahan, dan bertempo cepat,” katanya.

BACA JUGA: Perhutani KPH Purwodadi Geledah Rumah Warga di Ngaringan Terkait Pencurian 37 Pohon

Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini akan lebih mengenalkan masyarakat pada USM, dan memopulerkan senam Stik, agar gerak motoriknya lebih bagus.

”Semoga ke depan PkM ini dapat dilakukan secara berkelanjutan, dan dilakukuan secara rutin. Selain itu juga, meningkatkan gerak motorik setiap manusia, untuk dapat menjaga kebugaran dan kesehatan jasmaninya,” tandas dia.

Riyan