Tim PkM USM memberikan pelatihan penyusunan LKPD Matematika Terintegrasi Nilai Islami Menggunakan Canva, di MI Islamiyah Pancakarya, Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM), belum lama ini memberikan pelatihan penyusunan LKPD Matematika Terintegrasi Nilai Islami Menggunakan Canva, di MI Islamiyah Pancakarya, Semarang.

Tim PkM USM terdiri dari Ketua Charis Maulana SPd MPd, anggota Yulinda Kusumaningrum SPd MPd dan M Dliya Ulami SPd I MPd I. Dalam keterangannya Charis mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan para guru, dalam menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang menarik dan edukatif.

Selain itu juga, memberikan keterampilan praktis kepada para guru dalam menggunakan Canva, sebuah alat desain grafis, yang dapat membantu dalam pembuatan materi pembelajaran yang menarik dan edukatif.

BACA JUGA: Pelatihan Pengelolaan Database Firebase di SMK Walisongo

”Kami berharap, melalui pelatihan ini, para guru dapat lebih mudah dalam menyusun LKPD, yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga kaya akan nilai-nilai Islami,” ujarnya.

Kegiatan ini dibuka Kepala Sekolah MI Islamiyah Pancakarya, Nurhayati SPd I. Dalam sambutannya disampaikan, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para guru, dalam meningkatkan kualitas pengajaran matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islami.

”Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Universitas Semarang, untuk memberikan pelatihan kepada para guru. Semoga dengan adanya pelatihan ini, para guru dapat menyusun LKPD yang lebih inovatif dan bermanfaat, bagi siswa-siswi MI Islamiyah Pancakarya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Melalui Rehabilitasi Sosial, LPP Kelas II Semarang Wujudkan Lapas Bersinar

Selama kegiatan, para guru antusias dan aktif berpartisipasi dalam setiap sesi. Mereka diajarkan cara menggunakan Canva untuk menyusun LKPD yang efektif dan menyenangkan, bagi siswa.

”Pelatihan ini sangat bermanfaat. Saya jadi lebih memahami cara membuat LKPD yang kreatif, dan dapat menarik minat belajar siswa. Selain itu, integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika juga sangat penting, untuk menanamkan karakter yang baik pada siswa,” ujarnya.

Kegiatan pengabdian ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Para guru diberikan kesempatan untuk berkonsultasi langsung, mengenai tantangan yang mereka hadapi dalam penyusunan LKPD.

Riyan