Sejumlah mahasiswa saat berkunjung ke Studio Radio USM Jaya FM, guna melihat proses kerja secara profesional. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Program Studi S1-Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM, dengan mempelajari banyak bidang seperti Public Relation, Public Speaking, Broadcasting, dan lain sebagainya.

Prodi yang terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) itu, memiliki dua peminatan, yaitu Komunikasi Strategis dan Media Massa.

Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi USM, Edi Nurwahyu Julianto SSos MIKom mengungkapkan, Prodi S1-Ilmu Komunikasi USM ini, tidak hanya mempelajari secara teori saja, namun juga memiliki sistem pembelajaran dengan melibatkan industri. Hal ini agar mahasiswa dapat memahami konektivitas antara dunia kerja dan materi teori yang dipelajari.

BACA JUGA: Rektor USM Dikukuhkan sebagai Dewan Kehormatan Daerah Peradi Kota Semarang

”Untuk itu, bagi mahasiswa yang memilih peminatan di bidang media massa, maka kunjungan ke media merupakan salah satu bentuk pembelajaran luar kelas, yang diharapkan bisa memberikan insight industri media saat ini dari praktisinya langsung,” ucapnya.

Adapun salah satu kajian mata kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi USM yaitu, Pengantar Penyiaran yang diampu Suhariyanto SSos I MIKom. Terkait hal itu, para mahasiswa melakukan kunjungan ke Radio USM Jaya FM, pada Selasa (14/5/2024).

Dosen yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Studio Radio USM Jaya FM itu, kemudian memberikan pengamatan secara langsung, terkait sistem kerja kru Radio USM Jaya FM.

BACA JUGA: Tim PkM FE USM Sosialisasikan Pengelolaan Keuangan UMKM

”Radio USM Jaya FM ini selain merupakan media yang profesional, juga bisa dijadikan sebagai wadah pembelajaran bagi mahasiswa, baik prodi Ilkom maupun prodi lain,” jelas Suhariyanto.

Disampaikan juga, pihaknya mengajak mahasiswa untuk berkunjung ke Radio USM Jaya FM ini, agar dapat melihat siaran secara langsung. Selain itu melihat kesesuaian antara materi dan praktik di dunia kerja.

Menurutnya, kunjungan ini mendapatkan dukungan dari Kaprodi Ilmu Komunikasi USM, hingga pejabat Yayasan Alumni Undip.

Riyan