blank
Bupati Blora dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora menerima dokumen hasil pemeriksaan dan penandatanganan berita acara. Selasa, 14 Mei 2024. Foto: Prokompim Blora

SEMARANG (SUARABARU.ID)— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora  memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023.

Penghargaan tersebut, merupakan kali kesepuluh secara berturut-turut yang diterima Pemerintah  Kabupaten Blora, sejak pemeriksaan tahun anggaran 2014.

Penghargaan Opini WTP disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Hari Wiwoho kepada Bupati Blora H. Arief Rohman dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora Sakijan, bersamaan dengan Kabupaten Temanggung, di Gedung BPK RI Perwakilan Jateng, Semarang, Selasa (14/5/2024).

Kepala Perwakilan BPK Jawa Tengah, Hari Wiwoho menjelaskan bahwa setelah melalui berbagai tahapan pemeriksaan, pada saat ini BPK RI memberikan opini atas LKPD Kabupaten Blora tahun anggaran 2023.

“BPK memberikan opini atas  LKPD dua kabupaten, satu, untuk Kabupaten Blora adalah wajar tanpa pengecualian dan Kabupaten Temanggung wajar tanpa pengecualian,” kata Hari Wiwoho.

Hari Wiwoho ingin agar adanya Opini WTP dari BPK RI tersebut, bisa memberikan motivasi bagi Kabupaten Blora dan Kabupaten Temanggung agar semakin baik dalam kinerjanya.

“Kami mengucapkan selamat atas opini yang sudah diraih, ini prestasi bapak ibu semua, dan kami berharap bahwa Opini ini dapat memberikan dorongan motivasi bapak ibu semua agar berkinerja lebih baik terkait dengan bagaimana merealisasikan anggaran, bagaimana penerimaannya, sehingga kita berharap bahwa tujuan bernegara kita segera tercapai,” pinta Hari Wiwoho

Pada kesempatan itu, Bupati Blora, H. Arief Rohman menyampaikan bahwa Pemkab Blora berkomitmen untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai dengan regulasi.

“Alhamdulillah kami statusnya adalah WTP yang kesepuluh, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab, Pak Sekda beserta seluruh OPD dan juga dewan yang sudah bersinergi, ini kami persembahkan untuk masyarakat Blora,” ucap Bupati Blora.

Selanjutnya atas hasil pemeriksaan tersebut, Bupati Blora mengaku akan menindaklanjuti catatan dan masukan dari BPK RI sesuai dengan arahan dan ketentuan.

“Kami bertekad untuk selalu mengikuti segala aturan dan pedoman telah diterbitkan dalam pelaksanaan kegiatan, sebagai acuan bagi kami agar dapat menyiapkan LKPD menjadi lebih baik, akuntabel terukur dan terarah dimasa yang akan datang, baik dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah, pembangunan serta kemasyarakatan,” ujar Bupati Blora.

Bupati Blora juga  mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPK Provinsi Jawa Tengah beserta jajaran yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Blora dan Temanggung dengan memberikan Opini WTP atas audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023.

“Semoga dengan prestasi Opini WTP yang kesepuluh ini akan semakin memacu kita untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan, pembenahan-pembenahan,” tandas Bupati Blora.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, Sekretaris Daerah Blora, Asisten Administrasi Umum, Kepala BPPKAD Blora, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Blora, Sekretaris Bappeda Blora.

Kudnadi Saputro