PB Arista Semarang meraih 4 emas, 6 perak, dan 5 perunggu, dalam Kejuaraan Bulu Tangkis USM Open 2024, yang digelar di Gelora USM. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– PB Arista Semarang mengoleksi 4 medali emas, 6 perak, dan 5 perunggu, dalam Kejuaraan Bulu Tangkis USM Open 2024, yang digelar di Gelora Universitas Semarang (USM), yang berakhir Jumat (10/5/2024).

Ke-4 medali emas itu diraih pasangan Jesslyn Keisha Tantri/Wishela Zadine Andua Nova (ganda pemula putri utama), Aqila Zyan Noufalin (tunggal usia dini putri utama), M Lutfi Hakim (tunggal usia dini putra dasar B), dan Narendra Nazril Nugroho (tunggal usia dini putra dasar A).

Sementara itu, PB E’France Kudus, membawa pulang tiga medali emas yang diraih dari nomor ganda pemula campuran utama, Muhammad Farel Ihsan Ramadhan/Jhill Anaya Laing, tunggal remaja putri utama Keyza Lima Virna Rosita Dewi, dan tunggal pemula putri utama Nadya Anggraini Putri.

BACA JUGA: Sampangan Juara Bulu Tangkis Antarkelurahan Se-Kota Semarang

Ketua Panitia, Muhaimin mengatakan, dari hasil USM Open ini terlihat peta pembinaan bulu tungkis, khususnya di Jateng sudah merata. Selain PB Arista dan E’France Kudus, juga ada beberapa klub yang berhasil mengantarkan atletnya menduduki tangga juara seperti PMS Solo, Champion Klaten, dan Altrec Semarang.

”Ini menunjukkan pembinaan bulu tangkis di Jateng cukup bagus,” katanya.

Di kelompok mahasiswa, unggulan pertama tunggal putra dari Unnes, Muhammad Zufar Hafizh meraih tempat terhormat, setelah di final menumbangkan pemain Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Mochamad Fajar Ardi dengan skor 21-15, 15-21, 21-11.

BACA JUGA: DKD Peradi Kota Semarang Segera Tuntaskan 13 Berkas Perkara Pelanggaran Etika

Di nomor tunggal putri mahasiswa, juara pertama diraih Andien Kirana Widjanarko (Atma Jaya Yogyakarta), yang mengalahkan unggulan pertama, Natiqotul Wardah Fikaromah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel) dengan skor 21-18, 21-17.

Pada bagian ganda putra universitas, pasangan Unnes Ananda Hilqom/Muhammad Rafael berhasil memenuhi ambisi meraih juara, setelah di final menghentikan perlawanan Mohammad Fino/Wahyu Setia Budi (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel) dengan skor 21-16, 21-19.

Nomor ganda campuran universitas, pasangan tuan rumah USM, Ferdian Alfajri Bediona/Meylissa Dwi Auliya gagal memenuhi target juara, setelah di final dipaksa menyerah dari pasangan Daniel Ekklesia/Khusnul Khatimah (UNS Solo) dengan skor 15-21, 21-16, 25-27.

BACA JUGA: Anang Budi Utomo Serahkan Surat Tugas ke DPD Golkar, Merapat ke PDIP Ramaikan Bursadi Pilwakot Semarang

Sedangkan di ganda putri universitas, ganda UNS Khusnul Khatimah/Septia Ningrum Rahmadani berhasil meraih juara, setelah unggul atas Adila Anis Afifah (Unnes) dengan skor 21-6, 23-21.

Kelompok pelajar SMA, juara pertama tunggal putra diraih Muhammad Hidayat Abiyyi (SMAN 1 Semarang), setelah di final menundukkan Idham Kholid Mustofa (SMA Islam 3 Pakem Yogyakarta) dengan skor 23-21, 21-18.

Disampaikan Muhaimin, kejuaraan ini berjalan lancar dan sukses. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada semua atlet dan ofisial, yang telah berpartisipasi dalam USM Open.

”Kami juga berterima kasih kepada para sponsor kegiatan ini, yakni Bank Jateng, Djarum Foundation, dan Bank BRI, yang telah mendukung kegiatan ini hingga berjalan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Riyan