blank
ilutrasi tidak nafsu makan. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tidak nafsu makan saat sakit merupakan kondisi wajar karena sistem kekebalan tubuhnya sedang fokus untuk melawan infeksi atau penyakit dialaminya.

Ternyata, kondisi hilangnya nafsu makan timbul sebagai respon perlawanan sistem imun tubuh terhadap virus dan berbagai infeksi.

Penurunan nafsu makan secara tiba-tiba mungkin disebabkan oleh masalah pencernaan. Kondisi seperti penyakit radang usus (IBD), maag, dan tukak lambung dapat mempengaruhi saluran pencernaan sehingga menyebabkan nyeri dan berkurangnya nafsu makan.

Baca Juga: Begini Tips Jaga Kesehatan bagi Jemaah sebelum Berangkat Haji

Ketika sakit pasti kita akan sulit menyantap makanan sehari-hari, termasuk jenis makanan yang kita sukai. Namun, makanan sangat penting untuk memenuhi nutrisi serta meningkatkan sistem imun agar tubuh dapat beraktivitas normal kembali.

Bahkan, ada beberapa makanan yang diperuntukkan khusus untuk mengembalikan energi yang hilang akibat sakit. Dilansir dari Suara.com, penasaran apa saja? Yuk, intip 4 makanan penambah energi ketika sedang sakit!

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu menu praktis yang bisa menambah energi ketika kita sedang sakit. Dalam semangkuk oatmeal terdapat pasokan karbohidrat kompleks yang mampu memberikan asupan energi tanpa membuat gula darah turun.

Baca Juga: 5 Tips Sehat saat Cuaca Panas 

Selain itu, dilansir dari laman Prevention, oatmeal juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lain. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi tiga porsi biji-bijian setiap hari dapat menurunkan risiko kanker sebanyak 15%.

2. Sup ayam

Sup ayam menjadi pilihan lain yang bermanfaat ketika sakit. Sup ayam mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti karbohidrat, protein, serta lemak.

Semangkuk sup ayam juga membantu kita untuk tetap terhidrasi, terutama bila disantap dalam kondisi hangat. Hal ini dibuktikan dari sebuah ulasan pada tahun 2020 yang menyebut bahwa meminum cairan panas dapat memberikan efek hangat yang menenangkan.

Baca Juga: Tinggi Kandungan Antioksidan, Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus

3. Jahe

Manfaat jahe bagi kesehatan sudah sangat terbukti sejak zaman dulu, terutama bila kita sedang mengidap penyakit pilek dan flu.

Menurut Villanueva pada laman Prevention, jahe kaya akan sejumlah senyawa aktif yang membantu memulihkan kesehatan kita secara menyeluruh. Salah satunya yaitu meredakan mual dan penyakit yang berhubungan dengan flu lainnya.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Meski tengah sakit, bukan berarti kita tidak bisa ngemil, lho! Tak banyak yang tahu bahwa camilan berupa kacang-kacangan dan biji-bijian juga memiliki pengaruh dalam menambah energi seseorang ketika sakit.

Menurut penulis sekaligus ahli diet, Ryan D. Andrews, kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki vitamin E dan seng. Dua nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang optimal.

Jadi, gimana? Gak perlu bingung lagi cari makanan yang cocok ketika sakit, kan!

Claudia