blank
Tim PkM FTIK USM, saat memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM di Kampung Jawi, Kecamatan Gunungpati, Rabu (8/5/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM), memberikan Pelatihan Optimalisasi Penjualan Produk Makanan Menggunakan Shopee Food, kepada pelaku UMKM di Kampung Jawi, Kecamatan Gunungpati, Rabu (8/5/2024).

Tim PkM USM terdiri dari Ketua Dinar Anggit Wicaksana SSi MPd, anggota Febrian Wahyu Christanto SKom MCs serta Astrid Novita Putri MKom. Kegiatan didanai LPPM USM, serta diikuti 15 anggota UMKM Kampung Jawi.

Ketua PkM USM, Dinar mengatakan, melalui pelatihan ini, peserta diajak untuk melakukan praktik dengan melakukan pendaftaran akun pesan antarmakanan, dengan menggunakan salah satu aplikasi, yaitu Shopee Partner.

BACA JUGA: Sidang Gugatan MK Caleg Partai Demokrat DPRD Kudus, Ini Jawaban KPU

Shopeefood sendiri merupakan sebuah aplikasi pemesanan dan pengantaran makanan berfitur lengkap dan profesional, untuk perangkat iOS dan Android.

”Pelatihan ini juga melibatkan mahasiswa FTIK USM, yaitu Liem Angelita Rafika Hanjaya Putri dan Veren Yeriko Dirgantara, serta alumni mahasiswa FTIK USM Dessi Ratna Sari SKom. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, dan banyak pertanyaan dari peserta yang dijelaskan pemateri, baik dengan teori maupun praktik,” ujarnya.

Ketua Pokdarwis Kampung Jawi, Siswanto mengatakan, pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan dalam memasarkan produk UMKM, melalui jejaring digital. Mereka bisa menjual produk makanan mereka secara online, melalui aplikasi Shopeefood.

”Kami berterima kasih kepada tim PkM USM, karena telah menularkan ilmu kepada para pelaku UMKM, dalam memasarkan produk mereka,” tutur Siswanto.

Dia berharap, para anggota Kampung Jawi Gunungpati ini, nantinya bisa memanfaatkan Shopeefood untuk menjualkan produk mereka secara lebih luas.

Riyan