blank
Tim Monev KONI Jateng, sedang meninjau kesiapan atlet cabor menembak, yang disiapkan terjun di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABAR.ID)– Wakil Ketua Umum I KONI Jawa Tengah, Bambang Rahardjo Munadjat mengatakan, cabor menembak punya sejarah bagus sebagai penyumbang medali emas bagi kontingen Jateng di ajang PON. Jateng bahkan pernah menjadi juara umum, dengan torehan delapan medali emas di PON Palembang 2004 silam, disusul enam emas di PON Kaltim 2008.

Saat ini dengan ditambah materi atlet yang mumpuni, bahkan enam di antaranya penghuni Pelatnas, KONI Jateng menaruh harapan besar pada cabor menembak. Apalagi, menembak masuk dalam cabang prioritas lini pertama di Pelatda PON 2024.

Hal itu seperti yang disampaikannya, ketika memimpin tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) mengunjungi Pelatda Menembak, untuk proyeksi PON XXI Aceh-Sumatera Utara, di Lapangan Tembak Gelora Jatidiri, Semarang, Rabu (8/5/2024).

BACA JUGA: Shin Tae-yong Puji Kekuatan Guinea

”Harapan kami, torehan medali emas di PON Aceh-Sumut jauh lebih baik dibanding PON sebelumnya. Meskipun penuh keterbatasan, semangat petembak di pelatda luar biasa. Kami juga punya sederet atlet andal, dan histori yang bagus di PON,” kata Bambang.

Dalam tim Monev KONI itu, hadir juga Kabid Rena Danang Atmodjo, Pengawas Internal III Sri Busono. Sedangkan dari Pengprov Perbakin Jateng ada Kabid Menembak Target Rudy Dwi Tjahyanto, Kabid Organisasi Edy Waluyo, Kabid Humas Agung Wahono dan wakilnya Darjo Soyat.

Pelatih Pelatda Menembak, Andy Hendrata menambahkan, pihaknya memanggil 20 petembak terbaiknya, pada program Pelatda PON 2024, yang terbagi di tiga lokasi, Kota Semarang, Jakarta, dan Surakarta.

BACA JUGA: Pilbup Grobogan, PDI Perjuangan Pastikan Gandeng Gerindra Nama Calon Sudah Mengerucut

Dijelaskan dia, petembak senior yang berlatih di Semarang di antaranya Dalimin dan Tirano Baja. Dalimin yang meraih perunggu di PON Papua 2021, pada PON Aceh-Sumut akan tampil di nomor 10M Air Pistol Men Perseorangan, 10M Air Pistol Men Beregu, 10M Air Pistol Mixed Team, dan 50M Pistol Men Perseorangan.

Sedangkan Baja bakal tampil di nomor yang baru dilombakan di PON, Benchrest HV. Baja adalah peraih emas nomor ini pada SEA Games 2019 di Filipina.

Diungkapkan juga, enam atlet Jateng yang menjalani Pelatda PON di Jakarta, karena bersatus atlet Pelatnas. Mereka terdiri dari M Iqbal Raia Prabowo, Alif Satria Bahari, Arista Perdana Putri Darmoyo (air pistol), Richard Gasita, Izzudin Afif, dan Athary Zahraa (senapan).

BACA JUGA: Kebakaran Kandang di Pulokulon, Seekor Sapi Mati Terpanggang

Disinggung soal target menembak di PON 2024 nanti, mantan peraih emas PON 2004 itu menyebut, lima medali emas, tiga di antaranya dari nomor senapan. Tembak reaksi dan siluet juga diharapkan bisa memberikan kontribusi emas.

”Pesaing utama kita di nomor senapan ada Jawa Barat dan DKI Jakarta, nomor pistol datang dari Aceh. Tapi kita masih di atas. Jateng juga siap mengikuti try out di Jakarta melalui Kejuaraan Antarpengprov, dan try in di Jateng Open,” tuturnya.

Riyan