blank
Petugas mengamankan kandang yang terbakar terbakar di Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Grobogan, pada Rabu malam 8 Mei 2024. Foto: Polsek Pulokulon

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kebakaran terjadi di Dusun Krajan, Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu malam 8 Mei 2024.

Akibat kebakaran yang terjadi di kandang milik Mat Zainuri ini, seekor sapitak bisa diselamatakan dan mati terpanggang.

Menurut Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Pulokulon AKP Siswanto, satu ekor sapi milik Mat Zainuri yang ada di dalam kandang tak bisa diselamatkan.

“Kebakaran berawal ketika Nungki Prima Sari (33) istri dari pemilik kandang Mat Zainuri (37) menyalakan api bediang di kandang sapi yang terletak di belakang rumah,” jelas AKP Siswanto, Kamis 9 Mei 2024.

Setelah menyalakan api bediang untuk mengusir nyamuk dan lalat sekira pukul 18.00 WIB, Nungki sambung Kapolsek Pulokulon, langsung masuk dan ke rumah bagian depan.

Tak lama kemudian sekira pukul 19.00 WIB, istri korban melihat kepulan asap tebal dari bagian belakang rumah. Ketika dicek ternyata asap berasal dari kandang sapi yang terbakar.

Nungki pun berteriak meminta tolong sehingga saksi Rosyid (50) dan Siswanto (40) yang mendengar teriakan tersebut bersama warga lainnya mendatangi lokasi kejadian.

“Kejadian tersebut kemudian dilaporkan Mat Zainuri ke Polsek Pulokulon dan diteruskan ke Damkar Induk Satpol PP Grobogan,” ujar Kapolsek AKP Siswanto.

Kerugian Sekitar Rp 30 Juta

Warga berupaya memadamkan api dibantu dua unit mobil damkar yang datang ke lokasi kejadian. Sehingga api yang membakar kandang bisa dipadamkan. Adapun kandang sapi dengan penyangga kayu mahoni dan bambu, dinding bambu serta atap esbes yang terbakar.

Menurut AKP Siswanto penyebab kebakaran diduga api bediang menyambar jerami di dekatnya. “Satu ekor sapi seharga Rp16 juta mati terbakar, kerugian lainnya kandang Rp14 juta, sehingga total kerugian Rp30 juta,” kata AKP Siswanto Atas kejadian tersebut Kapolsek Pulokulon mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat menyalakan api bediang di kandang sapi guna mencegah terjadinya kebakaran.

Tya Wiedya