Daun pepaya. Foto: Dok/iStock

2. Mengontrol tekanan darah
Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, daun pepaya Jepang dapat menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat daun pepaya Jepang dalam menurunkan tekanan darah diperoleh dari kandungan kaliumnya.

Kandungan kalium pada daun pepaya Jepang dapat menurunkan kadar natrium yang memicu tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium juga berfungsi untuk membuat dinding pembuluh darah lebih kendur, sehingga aliran darah lancar dan tekanan darah pun terkontrol.

3. Memperkuat imunitas tubuh
Berkat kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi, daun pepaya Jepang memiliki manfaat besar untuk memperkuat imunitas tubuh. Dengan sistem imun tubuh yang kuat, kamu akan lebih jarang sakit karena tubuh lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit, termasuk virus influenza.

4. Mencegah kanker
Mengkonsumsi daun pepaya Jepang juga dapat membantu kamu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Manfaat daun pepaya Jepang untuk mencegah kanker diperoleh dari senyawa antioksidan, seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid. Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker.

5. Mencegah anemia
Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kekurangan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi salah satu komponen sel darah merah, yakni hemoglobin.

Dengan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi secara rutin, seperti daun pepaya Jepang, kamu dapat terhindar dari anemia.

6. Mencegah diabetes
Manfaat daun pepaya Jepang untuk mencegah diabetes sudah dikenal oleh masyarakat. Berdasarkan beberapa penelitian, daun pepaya Jepang memang berpotensi menurunkan gula darah berkat kandungan antioksidannya yang tinggi.

Senyawa antioksidan tersebut dapat mendukung efektivitas hormon insulin sehingga tubuh lebih mudah mengontrol kadar gula darah.