blank
Daun pepaya. Foto: Dok/iStock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Meski rasanya pahit, daun pepaya Jepang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bahkan manfaat daun pepaya Jepang ini sudah lama dikenal oleh masyarakat Amerika Latin. Tanaman ini memiliki manfaat beragam, diantaramya mencegah kanker, menurunkan kadar gula darah, dan menguatkan tulang.

Di Indonesia, daun pepaya Jepang atau Cnidoscolus aconitifolius sering diolah menjadi hidangan lezat, baik dengan cara ditumis, direbus, maupun dimasak jadi gulai. Tumbuhan ini memiliki fakta unik terkait nama dan asal usulnya.

Melansir dari Alodokter, ada 10 manfaat daun pepaya Jepang bagi kesehatan tubuh kita, apa saja? yuk simak!

Diketahui, tumbuhan ini sebenarnya masih satu kerabat dengan tumbuhan singkong. Penamaan “pepaya” oleh masyarakat dikarenakan bentuk dan tekstur daunnya yang menyerupai daun pepaya. Banyak orang mengira tanaman ini berasal dari Jepang. Namun, pepaya Jepang sebenarnya merupakan tumbuhan yang berasal dari semenanjung Yucatan, Meksiko.

Daun pepaya Jepang kaya akan beragam nutrisi penting seperti, karbohidrat, protein, serat, lemak, kalium, zinc, kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, daun pepaya jepang juga mengandung beberapa senyawa antioksidan, seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid.

Dengan beragam kandungan tersebut, tumbuhan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mencegah sembelit
Sebagai makanan yang tinggi serat, daun pepaya Jepang bermanfaat menyehatkan saluran pencernaan. Asupan serat ini baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Serat sangat bermanfaat untuk membuat tinja lebih padat dan lunak sehingga lebih mudah dikeluarkan saat buang air besar.