blank
Supriyadi datang ke kantor DPC PDIP Kota Semarang mendaftar menjadi bakal calon kandidat Wali Kota Semarang. Foto: hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bursa Pilwakot Semarang semakin ramai, mantan ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, mendaftarkan diri maju menjadi salah satu kandidat bakal calon Wali Kota Semarang.

Bertepatan Hari Jadi Kota Semarang ke 477, Kamis (2/5/2024) siang, Supriyadi, Politisi PDIP Kota Semarang sekaligus anggota DPRD Kota Semarang mengambil berkas pendaftaran bakal calon Wali Kota Semarang.

Dengan berpakaian adat Semarangan, politisi yang biasa disapa Mas Pri ini datang didampingi 5 mahasiswi berkebaya mendatangi Kantor DPC PDIP Kota Semarang di Jalan Untung Suropati.

Tak ketinggalan sekitar 200 orang ikut ambil bagian dalam rombongan yang terdiri dari relawan, kader PDIP, mahasiswa, kelompok milenial, santri, hingga kaum marginal.

blank
Supriyadi

“Niat saya keinginan maju menjadi Wali Kota Semarang salah satunya adalah untuk membenahi kondisi di wilayah Ibu kota Jateng ini bebas dari banjir. Masalah banjir dan rob Semarang Utara bisa teratasi dalam jangka waktu yang pendek karena sudah ada fasilitas sheet pile yang dibangun di sana,” katanya saat dihubungi, Jumat (3/5/2024).

Lebih jauh dirinya menjelaskan, nantinya untuk penanganan banjir ini ada program yang ingin diupayakan maksimal dengan menyelesaikan normalisasi sungai yang ada di Semarang, seperti kali Bringin, Kali Plumbon dan Kali Tenggang.

“Jadi dengan normalisasi tersebut, proses pengendalian banjir nantinya bisa menjadi lebih fokus utamanya saat menjadi Wali Kota Semarang,” katanya.

Tak hanya itu saja, di sektor bidang pendidikan dirinya berencana memfasilitasi pendidikan gratis di seluruh sekolah negeri yang ada di Kota Semarang. Bahkan menyasar hingga ke sekolah swasta.

“Jadi itu program sudah berlangsung sejak 2009,” ujarnya.

Di bidang lain, dirinya juga mengupayakan untuk menekan angka kemiskinan sampai zero di Kota Semarang dimana pada saat ini angka kemiskinan adalah 0,3 persen dari 1,7 juta jiwa.

“Harapannya ke depan nanti bisa diturunkan lagi sampai zero,” katanya.

Tercatat, Supriyadi yang sudah 15 tahun menjadi anggota DPRD Kota Semarang dan Pernah menjabat Ketua DPRD, Ketua Komisi D dan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang merupakan pendaftar bakal calon wali kota yang pertama setelah dibukanya pendaftaran resmi di DPC PDIP.

Dalam pendaftaran tersebut, Supriyadi diterima langsung oleh Sekretaris DPC DIP Kota Semarang, Kadarlusman, dan didampingi oleh dua panitia pendaftaran Anto dan Ananta serta didampingi oleh sejumlah kader.

Kadarlusman mengatakan saat ini baru ada satu yang mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Semarang. Di luar itu masih ada sejumlah tokoh dari kader PDIP maupun kalangan eksternal yang sudah berkomunikasi dengan partainya untuk kontestasi Pilwakot Semarang.

“Sudah ada mas Supriyadi (yang mendaftar). Dia pendaftar bakal calon pertama yang datang ke DPC,” jelasnya.

Politisi yang biasa disapa Pilus ini mengatakan, saat ini proses pendaftaran bakal calon tak cuma dilakukan di kantor DPC saja, namun bisa juga ke DPD maupun DPP. Namun, untuk nama-nama yang sudah berkomunikasi berniat mendaftar belum datang ke DPC PDIP.

“Untuk hari pertama dibuka (pendaftaran), baru mas Supriyadi yang pertama mengambil formulir pendaftaran. Beliau ikut penjaringan calon untuk Pilkada Kota Semarang,” katanya.

Lebih lanjut, proses tahapan selanjutnya untuk penjaringan Pilwakot saat ini tinggal menunggu arahan dari DPP PDIP. Selain menjaring kepala daerah, dari DPP juga menentukan siapa sosok yang tepat siapa yang akan menjadi wakilnya.

“Rekomendasi ada di kewenangan DPP, kami siap menjalankan tugas maupun arahan lanjutannya,” pungkasnya.

Hery Priyono