blank
Hayono Isman didampingi Rr Maria Tri Mangesti, Agung Hariyadi dan Bogi, saat memberikan keterangannya kepada sejumlah awak media, usai acara peresmian Kantor Kormi Jateng. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Nasional, Hayono Isman mengatakan, dengan adanya kantor baru Kormi Jawa Tengah yang representatif, provinsi ini bisa menjadi pelopor kebangkitan olahraga masyarakat, untuk terwujudnya SDM yang unggul.

Mantan Menpora RI ini menyampaikan hal itu, di sela peresmian Kantor Kormi Jateng yang ada di komplek Gelora Jatidiri Semarang, Jumat (3/5/2024). Peresmiannya sendiri dilakukan Kepala Disporapar Jateng, Agung Hariyadi, mewakili Pj Gubernur Nana Sudjana.

”Ini sangat luar biasa. Setelah saya melihat ke dalam, mungkin ini menjadi kantor Kormi terbaik se-Indonesia. Saatnya kini saya minta Kormi Jateng menjadi pelopor terciptanya SDM unggul yang sehat dan bugar,” pesan Hayono kepada Rr Maria Tri Mangesti, selaku Ketua Kormi Jateng.

BACA JUGA: Kapolda Jateng Perintahkan Polisi Dukung dan Kawal Pentas Budaya, Gratis Tanpa Biaya

Dia juga menyampaikan berbagai tantangan olahraga nasional. Misalnya Sport Development Index atau Indeks Pembangunan Olahraga yang masih rendah, menuju Indonesia Emas 2045. Selain itu, prestasi olahraga Nasional yang terkesan stagnan di tataran dunia.

”Saya melihat bukan karena KONI-nya yang salah, gubernur atau bupati, tapi karena budaya olahraga masyarakat untuk membangun fisik bugar dan mental juara yang belum ditingkatkan secara massal dan masif,” ungkapnya.

Sementara itu, Agung Hariyadi menyatakan, Kormi makin menunjukkan perannya, agar olahraga bisa menjadi budaya, sehingga masyarakat menjadi sehat dan bugar. Menurutnya, Kormi juga berperan dari sisi ekonomi. ”Dengan adanya event dan penonton, maka akan muncul UMKM dan industri olahraga,” imbuh dia.

BACA JUGA: Wiwit Tembakau, Doa Petani Tembakau Temanggung Jelang Tanam Tembakau

Sedangkan Maria menyebutkan, saat ini Kormi memiliki 52 Inorga yang tergabung, dengan dua tipe keanggotaan, yaitu keanggotaan penuh sebanyak 40 Inorga, dan 12 Inorga yang baru terdaftar.

Dia berharap, Kantor Kormi Jateng yang baru ini, dapat dimanfaatkan sebagai pusat koordinasi dari Inorga. Dijelaskannya, dengan peresmian kantor baru ini, Kormi juga telah hadir di 32 Kota dan Kabupaten di Jateng.

”Namun masih ada tiga kabupaten yang belum terbentuk, yaitu Purworejo, Purbalingga, dan Banjarnegara. Tahun ini kemungkinan akan terbentuk Kormi untuk ketiga kabupaten itu,” tukasnya.

Hadir pada acara itu, Kepala Kesbangol Jateng Haerudin, Wakil Ketua Umum I KONI Jateng Bambang Raharjo Munadjat, Wakil Ketua Umum II Kormi Jateng Asfirla Harisanto alias Bogi, mantan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, jajaran pengurus Induk Organisasi Olahraga (Inorga) Kormi, serta para mitra.

Riyan