Bupati Wonogiri Joko Sutopo (membelakangi lensa) memimpin upacara peringatan Hardiknas Tahun 2024 di halaman Rumah Dinas Bupati.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi (Mendikbus Ristek) Republik Indonesia (RI), Nadiem Makarim, menyatakan, kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai.

Demikian amanat tertulis Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, yang dibacakan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Kamis (2/5), pada upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Upacara digelar di Halaman Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Menurut Mendikbud Ristek, lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas, memimpin gerakan merdeka belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. ”Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai,” tandasnya.

Menteri berharap, semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. ”Semua yang sudah kita upayakan, harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan.” tandasnya.

Secara nasional. peringatan Hardiknas Tahun 2024, mengusung tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Belajar.” Tema ini, dipilih untuk mencerminkan semangat dalam melakukan transformasi pendidikan, guna menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter Pancasila.

Diakhir amanatnya, Bupati menyampaikan ucapan “Selamat memperingati hari Pendidikan Nasional, bersama-sama kita bergerak dalam melanjutkan belajar.”

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, turut hadir mengikuti upacara peringatan Hardiknas Tahun 2024 yang digelar di halaman Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Juga hadir jajaran Forkompimda bersama para pimpinan dinas dan isnstasi di jajaran Pemkab Wonogiri, para Kepala Sekolah (Kasek), Ketua dan Pengurus PGRI Kabupaten Wonogiri serta Pengurus Badan Pendidikan Swasta.

Upacara peringatan Hardiknas tingkat kabupaten, diikuti oleh peleton pelajar, Osis dan Pramuka dari berbagai jenjang sekolah beserta para guru. Secara serentak, gelar upacara peringatan Hardiknas Tahun 2024 juga diadakan di masing-masing sekolah.
Bambang Pur