blank
Festival Kupat Lepet tahun 2023

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Festival kupat lepet yang  mulai  digelar tahun 2007 dipastikan absen dalam pesta Syawalan Tahun 2024 di Pantai Kartini. Tidak hadirnya festival yang mulai diadakan saat Hendro Martojo menjabat Bupati Jrepara ini dikarenakan keterbatasan alokasi anggaran.

blank

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara  Moh Eko Udyyono yang dikonfirmasi SUARABARU.ID Senin (15/4-2024) membenarkan bahwa dalam pesta syawalan kali ini tidak ada Festival Kupat Lepet. “Namun untuk acara larungan yang menjadi acara pokok tetap dilaksanakan pada tanggal 17 April 2024,” terangnya.

blank

Kegiatan lain yang menurut Moh Eko Udyyono tetap dilaksanakan adalah penyembelihan kerbau pada tanggal 16 April 2024, dilanjutkan dengan ziarah makam Cik Lanang di kelurahan Bulu dan Mbah Ronggo Mulyo di kelurahan Ujungbatu, pagelaran wayang di TPI Ujungbatu.

Sedangkan prosesi larungan kepala kerbau  akan dilakukan dari TPI Ujungbatu sekitar jam 06.00 Wib. “Pelarungan rencananya akan dilakukan oleh Bapak Pj Bupati Jepara bersama Forkopimda Jepara,” terangnya.

blank

Ia juga menjelaskan, berdasarkan Perda  Nomor 1 tahun 2024 tentang  Retribusi Daerah,  tarif masuk obyek wisata yang dikelola pemda yaitu  Pantai Kartini, Pantai Bandengan dan Benteng Postugis  saat acara  syawalan  ditetapkan sebesar Rp. 15.000,- untuk dewasa dan Rp. 10.000,- untuk anak-anak,” ujarnya. Ditargetkan, dari 3 obyek wisata ini terdapat pemasukan  sebesar Rp. 1,5 milliar, tambahnya

Hadepe