blank
Adem, Tokoh Lintas Agama Ikut Lebaran di Rumah Dinas Bupati Blora. Rabu, 10 April 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Tradisi silaturahmi pada saat lebaran sudah menjadi pelengkap prosesi 1 Syawal, Silaturahmi di hari lebaran adalah kesempatan berharga untuk berkumpul dan saling bermaafan. Tradisi ini biasanya saling bermaaf-maafan antara keluarga, dan sanak saudara, handai taulan, kolega dan rekan kerja.

Seperti yang diselenggarakan Bupati Blora, Usai sholat Ied, tidak hanya bersama umat muslim saja yang hadir dalam acara open house, tetapi juga dihadiri para tokoh lintas agama. Rasanya adem, sejuk, suasana kebersamaan lebaran di rumah dinas Bupati Blora. Rabu, (10/4/2024).

Mereka berkunjung untuk memberikan ucapan selamat lebaran kepada Bupati Blora dan masyarakat muslim lainnya yang sedang mengikuti acara open house. 

Tampak hadir pengurus Klenteng TITD Hok Tik Bio Blora, Bambang Suharto,  kemudian dari Gereja Katolik Santo Pius Blora, Romo Agustinus Eko Wiyono dan Pendeta Esther Srimining dari Gereja Kristen Bethany Blora,  datang bersama pengurus tempat ibadah dan keluarganya.

Tak ada perlakuan spesial, semuanya ikut mengantri untuk bersalaman dengan Bupati dan memberikan ucapan lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 H. Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., didampingi istri, tampak bahagia menerima seluruh tokoh lintas agama, bahkan ia mengajak Romo Agustinus nge-vlog bersama.

Pengurus Klenteng TITD Hok Tik Bio Blora, Bambang Suharto mengucapkan selamat idul Fitri 2024.

“Selamat idul Fitri 2024 untuk pak Bupati dan warga muslim Blora yang merayakan lebaran,” ujar Bambang Suharto.

Dengan ucapan yang sama Klenteng Blora, dari Gereja Katolik Santo Pius Blora, Romo Agustinus Eko Wiyono bersama pengurus tempat ibadah dan keluarganya mengucapkan minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir batin kagem sedaya.

“Selamat lebaran Pak Bupati dan warga muslim lainnya. Minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir batin kagem sedaya,” ucap Romo Eko, sapaan akrab Romo Agustinus Eko Wiyono.

Begitu juga dengan  Pendeta Gereja Kristen Bethany Blora, Esther Srimining, yang hadir bersama keluarganya dan menyampaikan salam lebaran.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H untuk Pak Bupati dan sekeluarga. Mohon maaf lahir batin, dari kami mewakili umat Kristiani. Semoga Blora semakin maju aman damai bersama kepemimpinan Bapak Bupati,” ujar Esther Srimining.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora, H. Arief Rohman mengungkapkan rasa bahagianya. Semua yang hadir langsung diminta bergabung untuk makan bersama di ruang VIP.

“Alhamdulillah senang rasanya hari ini kedatangan tamu istimewa. Ada Romo Agustinus Eko Wiyono dari Gereja Katolik Santo Pius Blora bersama rombongan, Pak Bambang dari Klenteng TITD Hok Tik Bio Blora, hingga Bu Esther Srimining Pendeta Gereja Bethany Blora. Terimakasih atas kedatangannya, terimakasih sudah berkenan berlebaran bersama. Semoga Blora terus seperti ini, aman damai, rukun semuanya. Ayo, ayo, monggo nyicipi lontong opor dulu, makan dulu,” ucap Bupati Blora.

Bupati Blora sangat mengapresiasi tingginya toleransi di wilayah  Kabupaten Blora. Sehingga kondusifitas wilayah terus terjaga damai selalu.

“Ketika ada Natal dan Paskah, kami hadir bersama Forkopimda ke Gereja untuk memberikan ucapan. Begitu juga saat imlek kami hadir ke Klenteng untuk memberikan ucapan. Sekarang giliran Idul Fitri kami menerima saudara saudara lainnya. Budaya toleransi seperti ini, patut untuk terus kita bangun,  menjaga silahturahmi, membangun kebersamaan untuk Blora yang lebih nyaman,” tandas Bupati Blora.

Kudnadi Saputro