blank

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Jepara senantiasa berusaha untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, termasuk masyarakat yang meninggalkan rumahnya untuk mudik keluar daerah. Sebab  dalam kondisi seperti ini rawan terjadi tindak pidana pencurian

blank

Hal tersebut disampaikan Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan Senin (9/4-2024) terkait peningkatan  patroli yang dilakukan jajarannya di area kompleks perumahan yang banyak ditinggalkan penghuninya untuk mudik. Patroli tidak hanya dilakukan pada siang hari, tapi lebih intens pada malam hari dan pagi hari, tambahnya

“Kami juga imbau pada warga penghuni perumahan yang tidak mudik untuk sama-sama peduli mengawasi lingkungannya, termasuk pada rumah kosong,” ucapnya.

blank
Polres Jepara intensifkan patroli rumah kosong

Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang di tengah persiapan menyambut lebaran tetap bersama-sama ambil bagian dalam menjaga keamanan lingkungan

“Jika mengetahui ada sesuatu yang mencurigakan, kami mengimbau untuk segera melapor kepada pihak Kepolisian terdekat atau dapat menghubungi melalui Call Center Polri 110 atau WhatsApp Siraju 08112894040, pasti akan kami tindak lanjuti,” jelasnya.

blank

Sementara  Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengatakan, patroli itu juga bagian dari Operasi Ketupat Candi 2024 dan langkah preventif mengantisipasi insiden rumah kosong yang ditinggal penghuninya mudik. “Rumah kosong yang dipantau itu ada di sejumlah komplek perumahan seperti, Perum Randu Gede Pengkol dan Perumahan Bumi Mulyoharjo,” ujarnya.

blank
Patroli rumah kosong oleh jajaran Polres Jepara

Puji juga menjelaskan,  patroli ini melibatkan anggota jajaran Polsek maupun Polres Jepara ke berbagai lokasi strategis di wilayah Kabupaten Jepara terutama perumahan.

Patroli rutin ini untuk menciptakan situasi kamtibmas untuk masyarakat yang sedang mudik agar merasa aman dan nyaman, serta mencegah terjadinya tindak kriminal di wilayah hukum Polres Jepara seperti pencurian.

blank

Imbauan itu selalu disampaikan pada warga perumahan setiap kali patroli rumah kosong. Personel juga kerap mengecek jendela, pintu rumah kosong untuk memastikan telah terkunci. Kepada warga yang masih tinggal di perumahan, diingatkan agar tidak lupa mematikan kompor ketika aktivitas dapur sudah selesai.

blank

Ipda Puji mengakui warga perumahan terpantau cenderung tertib, seperti menyalakan lampu penerangan jalan. Juga lampu teras rumah yang ditinggalkan.

Hadepe