blank
Objek wisata Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Objek wisata Ketep Pass, di Sawangan, Kabupaten Magelang, siap menyambut wisatawan Lebaran dengan berbagai sajian hiburan. Tiket tanda masuk maupun biaya parkir kendaraan bermotor tidak ada kenaikan.

Objek wisata tersebut berada 1.200 meter di atas permukaan laut. Luasnya sekitar 8 ribu meter persegi. Menawarkan pemandangan alam Gunung Merapi.

Direktur Badan Pengelola Objek Wisata Ketep Pass, Mul Budi Santoso, mengatakan hal itu ketika ditemui beberapa hari lalu.
Selebihnya dijelaskan, dalam beberapa pekan terakhir ini pihaknya menyiapkan segala sesuatu terkait keamanan dan kenyamanan pengunjung. Dia sudah berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil Sawangan. “Hal klasik yang terjadi saat liburan Lebaran biasanya terjadi kemacetan arus lalu lintas,” katanya.

Itu disebabkan karena kantung-kantung parkirnya kurang luas. Akibatnya harus menggunakan bahu jalan untuk parkir. Dalam hal parkir dikelola pihak Ketep bekerja sama dengan Karang Taruna setempat.

Apabila terjadi penumpukan pengunjung di Ketep, kata dia, pengunjung bisa ke wisata di sekitarnya seperti Negeri Kayangan, Gunung Gupak, ada pula kebun strawberry Banyuroto. Hingga tidak terjadi penumpukan di satu lokasi.

Sejauh ini, perbaikan fasilitas seperti pengecatan pagar sudah dilakukan. Fasilitas umum seperti mushala dan toilet juga sudah disiapkan.

blank
Direktur Ketep Pass, Mul Budi Santoso. Foto: eko

Selebihnya dijelaskan, Lebaran hari pertama sampai ke tujuh akan buka. Disuguhkan life musik selama tujuh hari berturut-turut. Ada juga kesenian tradisional yang akan dihadirkan.

Tentang tiket masuk seperti di hari libur biasa, untuk masuk Ketep Rp 12.500/orang. Sedangkan
Ketep Volcano Theater Rp 10 ribu dan untuk ke Menara Langit juga Rp 10 ribu/orang.

Target kunjungan Lebaran tahun ini sebanyak empat ribu orang/hari. Dengan pertimbangan lebih mengutamakan kenyamanan pengunjung. “Enam ribu pun bisa, tapi demi kenyamanan pengunjung,” katanya.

Pria yang akrab dengan nama panggilan Bodrex itu selebihnya mengatakan, Lebaran tahun ini jatuh pada hari Rabu (10/4/24). Sabtu (13/4) dan Minggu (14/4) diperkirakan terjadinya lonjakan pengunjung.

Terkait hal itu Pasar Sayur Ketep disiapkan untuk parkir. 24 ojek masyarakat setempat juga telah dipersiapkan untuk melayani pengunjung dari pasar sayur ke lokasi Ketep.

Dijelaskan juga, biaya parkir kendaraan tidak ada kenaikan. Untuk bus besar Rp 20 ribu,  Hiace Rp 10 ribu, bus tanggung Rp 5 ribu, sepeda motor Rp 3 ribu.

Selama bulan puasa ini jumlah pengunjungnya tidak banyak. Yakni sekitar 50 sampai 100 orang pengunjung.

Eko Priyono