blank
Penyiar Radio USM Jaya, Putri Sabila saat melakukan talkshow dengan Dekan FH USM, Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Semarang (USM), Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum mengungkapkan, banyak alasan masyarakat harus memilih kuliah di Fakultas Hukum USM. Di antaranya karena memiliki Akreditasi A, dan sekarang menuju akreditasi Unggul.

”Selain itu juga, menjadi leading faculty di lingkungan kampus USM. Serta punya ciri khas sendiri, yaitu corporate law, sesuai yang dicanangkan pendiri Prof Muladi SH, dan itu yang kita unggulkan,” kata Dr Amri, saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update, yang digelar Radio USM Jaya Semarang, Selasa (2/4/2024).

Talkshow yang dipandu penyiar Radio USM Jaya Semarang, Putri Sabila itu, mengangkat tema ‘Mengenal Fakultas Hukum Universitas Semarang’, yang berlangsung di studio radio yang ada di Gedung N USM.

BACA JUGA: Wali Kota Semarang Minta Pertamina Antisipasi Penyalahgunaan BBM Selama Lebaran

Disampaikan juga, di Jawa Tengah hanya terdapat dua perguruan tinggi yang memiliki Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) yang terakreditasi. Salah satunya BKBH FH USM, yang telah menjalin kerja sama dengan beberapa instansi, seperti Peradi, Ikadin, Dewan Sengketa Indonesia, Ombudsman, Badan Pertanahan Nasional, OJK, dan lain-lain.

Dijelaskan Dr Amri, saat ini FH USM memiliki mahasiswa sebanyak 1.818 orang, dimana Kelas Pagi maupun Sore, memiliki peminat yang sama-sama cukup banyak dan seimbang.

Fakultas yang memiliki satu program studi yaitu S1-Ilmu Hukum itu, juga mempunyai berbagai macam konsentrasi bidang yang dibutuhkan masyarakat. Seperti bidang Pidana, Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Islam, Hukum Internasional, dan Hukum Adat.

BACA JUGA: Wali Kota Semarang Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Relatif Aman Jelang Kebaran

Selain itu, FH USM memiliki organisasi mahasiswa sebagai wadah untuk mengeluarkan aspirasi. Di antaranya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Mahasiswa (Dema), kegiatan bidang keilmuan mahasiswa, paduan suara mahasiswa FH USM yang baru dibentuk dan telah mendapatkan silver medal dalam ajang perlombaan Karangturi International Choir 2023.

Sejumlah prestasi juga telah diraih mahasiswa FH USM, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Dalam bidang akademik, pernah menjadi Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, yang diselenggarakan di Universitas Bangka Belitung, dengan judul ‘Membangun Peradaban yang Unggul Melalui Kemandirian Teknologi Tepat Guna’. Lalu Juara I dalam pemilihan Mas dan Mbak Duta Kota Salatiga.

”Di bidang nonakademik, ada banyak prestasi yang dicapai mahasiswa FH USM, seperti atlet sepak bola Alfeandra Dewangga dan pebulutangkis Christian Adinata. Serta terdapat mahasiswa yang menjadi perwakilan Jateng, dalam bidang pertandingan bola voli dan sepak bola,” jelas Dr Amri.

BACA JUGA: Wali Kota Minta Dishub Semarang Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalin di Pusat Oleh-Oleh Pandanaran

Diterangkan juga, bagi mahasiswa FH USM yang memiliki prestasi, bisa mendapatkan beasiswa. Seperti beasiswa bidik misi, beasiswa prestasi olahraga dari yayasan, beasiswa reward dari FH USM untuk mahasiswa berprestasi tingkat regional hingga tingkat nasional, baik akademik maupun nonakademik, dan beasiswa Djarum Foundation.

Menurutnya, lulusan sarjana hukum memiliki prospek kerja yang luas, seperti advokat, kepolisian, kejaksaan, hakim, dan lain sebagainya.

”Kalau berbicara prospek kerja, tentu banyak sekali peluangnya. Seperti teori Marcus Tullius Cicero yang mengatakan, ubi sicietas ibi ius, yang artinya dimana ada masyarakat pasti disitu ada hukum. Jadi, hukum dan masyarakat itu satu kesatuan yang tidak bisa dilepaskan. Untuk dunia kerja, tentunya sepanjang ada manusia disitu pasti ada hukumnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Maraknya Kasus Perundungan di Kalangan Pelajar, Ini yang Dilakukan PW IPNU-IPPNU Jateng

Dia menambahkan, masyarakat yang berminat kuliah di Fakultas Hukum USM, dapat mendaftar melalui website pmb.usm.ac.id, ataupun langsung datang ke kampus USM.

”Kalau ingin menjadi penegak hukum yang andal, kuliahlah di Fakultas Hukum USM, yang menjamin dan melatih mahasiswa menjadi penegak hukum yang andal dan berkualitas,” tandasnya.

Riyan