Kepala SMP Negeri 1 Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Agus Sumarno (kedua dari kanan) berkenan membuka Pesantren Ramadan, yang digelar mulai Tanggal1 sampai dengan 6 April 2024.(Dok.SMP Negeri 1 Manyaran)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – SMP Negeri 1 Manyaran, Kabupaten Wonogiri, menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H. Kegiatan ini digelar di sekolah, diikuti sebanyak 592 siswa, dimulai Tanggal 1 sampai dengan Tanggal 6 April 2024 mendatang.

Pesantren Ramadan ini bertujuan unuk memupuk keimanan dan ketaqwaan, agar para siswa memiliki akhlakul karimah. Materi kegiatannya diisi tadarus Al-Quran, pengetahuan agama, berbagi takjil, kisah inspiratif para Rasul, lomba kaligrafi, lomba Khitobah, pengumpulan dan pembagian zakat.

Kepala SMP Negeri 1 Manyaran, Agus Sumarno SPd MPd, saat membka Pesantren Ramadan, menyatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja sekolah. Utamanya dalam visi mewujudkan siswa yang santun dan berakhlak mulia.

Dikatakan, sesuai ajaran agama Islam, menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim pria dan wanita. Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin wal muslimat.” Sebagai muslim dan muslimah, hendaknya senantiasa menuntut ilmu dan belajar.

Kepada para siswa, Agus Sumarno, menyatakan, Man Jadda Wajada. Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, maka akan berhasil. “Apa gunanya masa muda kalau tidak untuk memperjuangkan cita-cita dan membahagiakan orang tua,” tandasnya. n 592 siswa peserta pesantren Ramadhan.
Bambang Pur