blank
Pj Bupati Kudus M Hasan Chabibie bersama Kapolres Kudus saat memberi keterangan pers terkait persiapan arus mudik. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kudus memastikan siap untuk menyambut kedatangan arus mudik lebaran 2024 mendatang. Seluruh persiapan telah dilakukan untuk memberikan keamanan, kenyamanan dan kelancaran bagi para pemudik yang akan masuk ke Kudus.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Pj Bupati Kudus M Hasan Chabibie saat acara buka bersama dan konferensi pers terkait persiapan arus mudik 2024, Rabu (27/3). Ikut hadir dalam acara tersebut Kapolres Kudus, Dandim 0722 Kudus, Sekda hingga sejumlah pejabat OPD di lingkungan Pemkab Kudus lainnya.

“Prinsipnya, Pemkab Kudus siap menyambut dan melayani para pemudik yang akan tiba di Kudus dengan semaksimal mungkin,”kata Pj Bupati.

Menurut Pj Bupati, pihaknya bersama jajaran Pemkab Kudus, stakeholder termasuk Polri dan TNI terus melakukan koordinasi guna mengantisipasi segala bentuk kerawanan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan mudik.

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto menyatakan dalam menghadapi arus mudik ini pihaknya akan menerjunkan 300 personel inti dan didukung personel cadangan yang jika dalam situasi kontijensi bisa diturunkan. Selain itu, ada juga dukungan personel TNI, Satpol PP, Dishub dan stakeholder lain yang ikut bersama-sama mengamankan arus mudik.

“Nanti ada empat pos pengamanan lebaran yang ditempatkan di lokasi yang rawan kemacetan lalu lintas,  serta pos dukungan yang bisa didirikan di tempat-tempat yang berpotensi memunculkan keramaian seperti tempat wisata atau tempat lainnya,”tandasnya.

Pos dukungan yang akan didirikan diantaranya seperti di Kawasan Colo yang merupakan objek wisata religi. Tentunya, saat Lebaran selain liburan juga ada wisatawan yang berziarah.

Kemudian ada pos di Perempatan Tanjung yang menjadi perlintasan seluruh kendaraan dari arah Pati maupun Semarang.

“Termasuk objek wisata Bendungan Logung juga akan dibuatkan posko pengamanan,” ujarnya.

Selama masa pengamanan mudik ini, menurut Kapolres pihaknya akan menerjunkan patrol yang secara rutin memantau seluruh kegiatan masyarakat. Potensi kerawanan seperti tawuran, kriminalitas maupun potensi lain menjadi prioritas yang diperhatikan petugas.

Dan juga nanti saat malam takbiran akan  dilakukan pula patroli besar-besaran. Sementara, untuk pelaksanaan takbir keliling, Kapolres mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kantor Kemenag terkait izin takbiran keliling tersebut.

Ali Bustomi