blank
Ketua Prodi S1-Psikologi USM, Yudi Kurniawan, saat melakukan talkshow di Radio USM Jaya Semarang, Selasa (19/3/2024), dengan dipandu Putri Sabila. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketua Program Studi S1-Psikologi Universitas Semarang (USM), Yudi Kurniawan, SPsi MPsi Psikolog mengatakan, di prodinya saat ini ada dua guru besar, enam dosen bergelar doktor, 24 dosen magister, dan satu yang sedang studi lanjut.

”Jadi memang untuk SDM-nya tidak kaleng-kaleng, profesional, dan berkompeten di bidang psikologi,” kata Yudi Kurniawan, saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update, yang diadakan Radio USM Jaya Semarang, di Gedung N USM, Selasa (19/3/2024) lalu.

Menurutnya, Program Studi S1-Psikologi USM, merupakan salah satu prodi yang masuk Tiga Besar Terfavorit, dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru terbanyak di USM.

BACA JUGA: Erick Thohir Minta Pemain Tak Lengah Saat BerLaga di Vietnam

Saat ini terdapat beragam mata kuliah yang akan dipelajari, baik secara teori, praktik di lapangan, maupun mengikuti program Merdeka Belajar, yang dapat dimanfaatkan dalam mengeksplorasi ilmu yang didapat.

”Di psikologi, kita belajar segala proses mental yang nanti wujudnya dalam bentuk pikiran, perasaan, hingga perilaku. Ada mata kuliah psikologi konseling, dimana mahasiswa diminta untuk praktik, bagaimana melakukan konseling yang tepat kepada klien dan sebagainya. Lalu ada kunjungan lapangan, untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaimana keadaan di lapangan,” kata Yudi.

Program studi yang terakreditasi Baik Sekali itu, kini memiliki beberapa peminatan jurusan. Di antaranya Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri, dan Psikologi Perkembangan.

BACA JUGA: Kota Magelang Masuk Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah 2024

Tak hanya itu, terdapat pula fasilitas yang lengkap dan memadai, mulai dari laboratorium, perpustakaan, ruang kelas ber-AC lengkap dengan proyektor, kursi dan meja, layanan psikologi yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa magang, hingga Sertifikat Tes Uji Kompetensi (TUK) dari BNSP, yang dapat diikuti mahasiswa Psikologi USM.

Adapun prestasi yang telah diraih mahasiswa Psikologi USM yaitu, mulai menjadi pembicara dalam conference mahasiswa, juara lomba debat, juara dalam event Mawapres USM, serta beberapa event olahraga. Beberapa mahasiswa juga mengikuti program pertukaran pelajar di Thailand.

”Prospek kerjanya sangat luas. Bisa menjadi asisten psikolog, praktisi di bidang sumber daya manusia, praktisi di bidang pendidikan. Bahkan beberapa alumni kami juga meneruskan di militer, kepolisian dan angkatan darat, yang memang khusus bidang psikologi. Bisa juga menjadi konselor,” ujar Yudi, dalam talkshow yang dipandu Putri Sabila itu.

BACA JUGA: Begini Arahan Kakanwil Tejo Harwanto tentang Perumusan Strategi Peningkatan Nilai IKPA

Ditambahkan dia, pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Semester Gasal 2024/2025, baru akan dimulai 1 April-28 Agustus 2024.

”Psikologi itu selalu punya tagline ‘Psikologi Selalu di Hati’. Sehingga jika ingin tahu segala macam ilmu perilaku, mental dan emosi, silakan segera daftar atau lihat website pmb.usm.ac.id atau instagram @usm_jaya dan @psikologi_usm,” ungkapnya.

Riyan