blank
Witan Sulaeman, Pratama Arhan dan sang pencetak gol, Egy Maulana Vikri, melakukan selebrasi bersama, usai terciptanya gol tunggal ke gawang Vietnam. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gol tunggal yang dicetak Egy Maulana Vikri menit 52, menjadikan Timnas Indonesia mampu memetik kemenangan pertama di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F. Satu-satunya gol itu lahir pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam.

Dengan hasil ini, membuat Indonesia kini melesat ke peringkat kedua klasemen sementara Grup F. Dengan tambahan tiga poin ini, tim asuhan Shin Tae-yong, mengoleksi nilai empat dari tiga laga yang telah dimainkan. Selisih dua poin dengan pimpinan klasemen Irak, tapi baru memainkan dua laga.

Sedangkan Vietnam turun satu peringkat ke posisi ketiga, dengan nilai tiga dari tiga kali pertandingan. Filipina bergeser ke posisi keempat, dengan nilai satu dari dua laga yang telah dimainkan.

BACA JUGA: Begini Arahan Kakanwil Tejo Harwanto tentang Perumusan Strategi Peningkatan Nilai IKPA

blank
Erick Thohir bersama para pemain Timnas Indonesia dan jajaran pelatih, berfoto bersama di ruang ganti pemain. Foto: dok/pssi

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, mengapresiasi penampilan timnas yang bermain luar biasa dalam pertandingan yang dipenuh hampir 80 ribu penonton itu. Hadir juga dalam laga ini, Presiden RI, Joko Widodo.

Alhamdulillah, akhirnya kita memenangkan laga melawan Vietnam. Apresiasi kepada penampilan pemain yang tampil disiplin, dalam pertandingan ini. Terima kasih juga pada penonton yang sudah datang langsung, maupun yang menyaksikan dari layar kaca, serta doanya untuk kemenangan timnas,” ujar dia.

Ditambahkan Erick, yang juga menjabat sebagai menteri BUMN itu, kemenangan ini yang pertama kalinya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia berharap, para pemain tetap konsisten, tidak lengah saat berlaga ke Vietnam.

BACA JUGA: Jangan Terprovokasi Hoaks, Dapat Memecah Belah Persatuan

”Tetaplah rendah hati, dan selalu fokus. Perjuangan masih panjang. Tak banyak waktu, karena pada Selasa 26 Maret nanti, giliran kita yang akan tandang ke Vietnam,” imbuhnya.

Dia meminta para pemain untuk tetap menjaga kondisi, disiplin, dan latihan yang keras, serta mengikuti semua instruksi dari pelatih.

”Buktikan, kita bisa tampil baik juga di Vietnam nanti. Tentu kita ingin terus menjaga peluang, agar bisa lolos ke fase berikutnya di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 kali ini,” tukas Erick.

Riyan