blank
STY (kedua dari kiri) bersama Sandy Walsh berfoto bersama Philippe Troussier (kedua dari kanan), usai acara jumpa pers, Rabu (20/3/2024). Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Meski belum bisa menurunkan tim terbaiknya, namun pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), tetap yakin bisa mengatasi Vietnam, dalam lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup G Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam.

Seperti diketahui, kapten Asnawi Mangkualam terkena akumulasi kartu. Bek Jordi Amat dan Elkan Baggott masih dibekap cedera. Demikian pula dengan Yance Sayuri. Belum lagi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen belum bisa diturunkan. Kedua pemain yang baru saja diambil sumpahnya itu, baru bisa bermain saat laga away di Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024).

”Kita harus optimistis. Semua pemain dalam kondisi siap tempur. Tidak ada masalah dengan pemain. Soal siapa yang akan diturunkan dan siapa kapten tim, kita tunggu saja,” jelas STY, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (20/3/2024).

BACA JUGA: Unissula Terakreditasi Unggul hingga Tahun 2029

Sementara itu, bek timnas Sandy Walsh, juga menaruh harapan sangat tinggi. Dia juga ingin mempersembahkan yang terbaik. Apalagi skuad Garuda akan bermain di kandang sendiri.

”Kemenangan ini menjadi modal penting bagi kita, untuk pertandingan selanjutnya. Saya yakin kita bisa mewujudkannya,” jelas Sandy.

Di sisi lain, pelatih Vietnam, Philippe Troussier, membuat kejutan. Dia justru memangkas punggawa asuhannya sebanyak lima pemain. Pelatih asal Prancis itu memutuskan, tidak membawa Nguyen Cong Phuong, Duy Manh, Nguyen Hai Long, Truonh Tien Anh, dan Giap Tuan Duong ke Jakarta.

BACA JUGA: BBPJT Gelar Sosialisasi dan Simulasi UKBI Adaptif bagi Mahasiswa Magang

Penyerang Nguyen Cong Phuong tak akan ambil bagian pada lawatan Vietnam ke Indonesia, setelah masih dibekap cedera pergelangan kaki, yang didapatkan ketika membela timnya Yokohama FC.

Selanjutnya, gelandang Do Duy Manh belum mencapai kondisi fisik terbaiknya, sehingga Troussier memutuskan untuk tidak mengambil risiko lebih jauh.

Tiga nama lainnya dilaporkan dicoret, karena ketatnya persaingan pada skuad. Namun mereka masih memiliki kesempatan untuk tampil, ketika Vietnam menjamu Indonesia di kandang sendiri, pekan depan.

Dicoretnya lima pemain ini, membuat skuad the Golden Star berkekuatan 28 pemain ke Indonesia. Dan selanjutnya, Troussier akan mendaftarkan 23 pemain untuk masuk daftar susunan pemain, ketika menghadapi Indonesia.

Riyan