blank
Audiensi Kepala MAN 1 Wonosobo dengan jajaran Rektorat Untidar Magelang. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Wonosobo membangun kerjasama dengan Univesitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang untuk proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) mulai tahun 2024 ini.

Upaya kerjasama tersebut diawali dengan kunjungan Kepala MAN 1 Wonosobo H Khoirul Umum, SPd MPd dan rombongan ke pihak Rektorat Untidar Magelang, Senin (18/3/2024) lalu.

Rombongan MAN 1 Wonosobo diterima langsung Rektor Untidar Prof Dr Sugiyarto, MSi, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AKK) Drs Giri Atmoko, MSi dan Kepala Bagian Humas Danu S.

Prof Dr Sugiyarto, MSi mengatakan Untidar memiliki visi nasionalis religius. Di mana mahasiswa harus punya jiwa nasionalis, cinta tanah air yang tinggi dan sikap keagamaan yang baik.

“Untidar sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Kedu, tentu saja harus memberi kesempatan lebih banyak kepada masyarakat setempat untuk kuliah di sini sebagai bentuk bakti dan bina lingkungan terdekat,” ujarnya.

Jalur Masuk

blank
Rombongan MAN 1 Wonosobo foto bersama dengan jajaran Rektorat Untidar Magelang. Foto : SB/Muharno Zarka

Sementara itu, Kepala Biro AKK Untidar Giri Atmoko menambahkan dalam PMB pihaknya menerima calon mahasiswa dari berbagai jalur. Seperti seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP) dan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) dengan sistem UTBK.

“Selain itu, juga ada jalur mandiri. Yakni Untidar melakukan seleksi mahasiswa secara mandiri melalui seleksi jalur prestasi (SMJP), seleksi mandiri jalur kerjasama (SMJK), nilai UTBK dan seleksi mandiri ujian tulis (SMUT),” jelasnya.

Kepala MAN 1 Wonosobo Khoirul Umam menyampaikan, jumlah lulusan madrasah yang dipimpinya yang masuk PTN melalui jalur tanpa tes atau SNBP cukup banyak. Bahkan jumlah terbanyak kedua setelah MAN 1 Kudus.

“Sebagai PTN yang berada di wilayah Kedu, Untidar ternyata banyak diminati lulusan MAN 1 Wonosobo. Selain letaknya dekat, perguruan tinggi ini kini statusnya negeri. Karena itu, agar peluang lulusan kami masuk di Untidar banyak, maka kami menjajaki kerjasama ini,” ujarnya.

Melalui kerjasama tersebut, dia berharap, lulusan MAN 1 Wonosobo lebih banyak lagi diterima kuliah di Untidar. Karena itu dia meminta informasi terkait PMB, terutama yang melalui jalur prestasi dan kerjasama bisa lebih awal diinformasikan ke siswa-siswi MAN 1 Wonosobo.

Muharno Zarka