“Meskipun ada cabainya, pembeli yang tidak suka pedas, juga bisa memesan untuk tidak pedas. Kalau tidak boleh pakai cuka, juga bisa pesan tidak pakai cuka,” jelas Sungkono.

Lontong Campur

Selain mi kopyok, warung ini juga menyajikan menu lontong campur. Sungkono mengatakan, lontong campur ini menggunakan sambal kacang yang diulek di tempat itu juga.

blank

Satu porsi lontong campur ini berisi lontong, tahu, sambal kacang, kubis (kol), tauge, seledri dan bawang goreng. “Untuk pedas atau tidak juga kita sesuaikan dengan selera pelanggan,” jelas Sungkono yang biasa dipanggil Pak Gendut.

Di sela-sela meracik mi kopyok pesanan pelanggan, Sungkono menuturkan, dia merintis usaha ini sejak 5 Februari 2014. Sebelum membuka usahanya di Jalan Soponyono V ini, Pak Gendut pernah menjajakan dagangannya di depan Kantor ATR/BPN Grobogan, Jalan Jenderal Sudirman Kota Purwodadi.

Lantaran pelanggan terus membeludak dan tempatnya tidak memadai, dirinya memindahkan tempat usahanya tersebut ke Jalan Soponyono V Purwodadi, tepatnya di depan Makam PWRI Grobogan.

Pakai Nomor Antrean

Setiap harinya, mi kopyok dan lontong campur Mbak Gendut ini selalu ramai. Apalagi saat jam makan siang. Yang unik dari warung ini adalah pemesanan harus menggunakan nomor antrean.

“Pembeli yang datang langsung disuruh nulis menu pesanannya, harus ingat nomor antreannya di kertas dan siap siap pasang telinga yang jelas biar saat dipanggil nomornya bisa langsung diantar menu pesanannya,” ujar Pak Gendut.

Seorang pelanggan setia adalah Ebita. Perempuan yang bekerja sebagai karyawan swasta ini mengungkapkan, dirinya selalu bingung mencari menu makan siang yang cocok.

Kebetulan, kondisi cuaca yang panas menyengat membuatnya mencari menu makanan yang segar, yakni mendatangi warung Mbak Gendut. “Menu makanannya enak, rasanya segar karena pedas, asam, asin, manis dan gurih menyatu di sini. Kemudian, harganya murah dan terjangkau di kantong. Cocok untuk makan siang, apalagi cuacanya panas, sangat mendukung ditambah minum segelas es teh,” ujar Ebita.

Lain halnya dengan Tri, seorang wiraswasta ini selalu merindukan lontong campur racikan Mbak Gendut. Menurutnya, sambal kacang pada lontong campur ini menyajikan rasa yang segar dan pedas.

“Sayurannya juga tidak terlalu banyak kubis, semua seimbang. Enak, sambalnya segar dan pedas. Cocok di lidah,” ujar Tri.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner Mie Kopyok dan Lontong Campur Mbak Gendut ini, Anda bisa mendatangi warung mereka di Jalan Soponyono V Purwodadi. Lokasinya mudah dijangkau dari arah Simpang Lima Purwodadi maupun Alun Alun Purwodadi lantaran berada di tengah Kota Purwodadi.

Tya Wiedya