Jenazah Kepala Rumah Detensi Imigrasi Semarang, Retno Mumpuni diberangkatkan ke tempat pemakaman. Foto: Dok/Humas (9/3/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Suasana duka menyelimuti jajaran Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Kepala Rumah Detensi Imigrasi Semarang, Retno Mumpuni, berpulang ke Rahmatullah pada Jumat (8/3/2024) pukul 19.30 WIB.

Perempuan kelahiran Semarang itu tutup usia di umur 55 tahun di Rumah Sakit Kariadi Semarang, Jenazah dimakamkan di TPU Kebon Agung Lamper Tengah pada  Sabtu (9/3).

Upacara pemakaman dilangsungkan untuk menghormati jasa salah satu insan Imigrasi terbaik yang dimiliki Kemenkumham ini.

Prosesi Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian Is Edy Ekoputranto. Is Edy menyampaikan, semasa hidupnya, almarhumah telah banyak berjasa bagi Kemenkumham khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi.

Rasa bangga atas dedikasi dan kontribusi almarhumah diucapkan Is Edy kala memberikan sambutan pada prosesi pemakaman. “Almarhumah banyak berjasa bagi Kemenkumham dan khususnya Ditjen Imigrasi,” katanya.

“Atas nama Ditjen Imigrasi kami turut berdukacita, kami bangga atas dedikasi dan kontribusi almarhumah selama bertugas,” kata Is Edy membacakan sambutan Dirjen Imigrasi Silmy Karim.

“Mari kita lepas kepergian almarhumah dengan ikhlas, sehingga dapat menghadap ke Khaliq dengan tenang,” ujarnya.

Penghormatan terakhir dan penaburan bunga dilakukan oleh para pelayat dan pengantar jenazah almarhumah sebagai bentuk penghargaan.

Ratusan orang tampak mengikuti proses pengantar dan pemakaman jenazah, diantaranya pejabat struktural dan pegawai Kanwil. Juga beberapa Kepala UPT Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng.

Ning S