blank
Personel Sat Samapta Polres Kebumen mengeluarkan dan mengecek seluruh senjata laras panjang Sabtu 9/3.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Guna  menjaga performa senjata perawatan berkala perlu dilakukan.

Sat Samapta Polres Kebumen Sabtu (9/3) mengeluarkan seluruh senjata api laras panjang yang ada di gudang senjata untuk dibersihkan satu persatu.

Kapolres Kebumen AKBP A Recky Robertho melalui Kasi Humas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, perawatan senjata perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kebersihan serta meningkatkan permorma saat digunakan.

“Perawatan senjata merupakan kegiatan rutin. Senjata dibersihkan lalu diberi minyak untuk menghindari karatan. Dengan tujuan agar senjata awet dan selalu siap digunakan untuk penugasan,”jelas AKP Heru.

 

Menurut Kasi Humas, ada beberapa jenis senjata laras panjang yang dibersihkan pada saat itu. Senjata-senjata yang dibersihkan biasanya digunakan untuk pengamanan atau pun pengawalan objek vital oleh personel Sat Samapta.

Kegiatan perawatan ini dipimpin oleh Kanit Dalmas II Sat Samapta Aiptu Cholid Mediana. Menurut Aiptu Cholid, senjata perlu dibongkar total agar seluruh sparepart senjata bisa dijangkau saat perawatan.

Selanjutnya bagian laras juga dibersihkan dan diberi minyak menggunakan pomstok agar alur bisa dilewati proyektil secara maksimal.

“Pagi ini kami bersama dengan rekan-rekan Dalmas membersihkan senjata api inventaris Sat Samapta. Kita bersihkan setiap bagian pada senjata sehingga harus dibongkar satu-persatu,”terang Aiptu Cholid.

Menurut Aiptu Cholid, selain rutin latihan menembak, para personel Sat Samapta harus bisa melakukan perawatan dan perbaikan jika mengalami kendala pada senjata api yang digunakan bertugas.

Komper Wardopo