blank
Tradisi membagikan sembako menyambut Ramadan kepada warga, dilakukan oleh Pengurus RT 3/RW 3 Dusun Sukoroyom Kulon, Desa Pucanganom, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tradisi membagikan sembako kepada warga, dilakukan pada setiap menyambut Bulan Suci Ramadan. Ini terjadi di wilayah Rukun Tetangga (RT) 3/Rukun Warga (RW) 3 Dusun Sukoroyom Kulon, Desa Pucanganom, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.

Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Sriyanto, mengabarkan, pembagian sembako kepada warga merupakan bagian dari kearifan lokal, dan menjadi tradisi yang membudaya di komunitas masyarakat di RT 3/RW 3 Sukoroyom Kulon. Pembagiannya, dilakukan melalui pertemuan warga di rumah Ketua RT 3/RW 3 Dusun Sukoroyom Kulon, Ari Syahrial. ”Sudah menjadi tradisi, dilakukan setiap menyambut Bulan Ramadan,” tutur Sriyanto.

Ada sekitar 50 paket sembako yang dibagikan kepada warga. Diterimakan kepada masing-masing KK di lingkup RT 3/RW 3. Ketua RT 3, Ari Syahrial, menyatakan, pembagian paket sembako kepada warga, merupakan agenda rutin setiap tahun. Yang dilakukan setiap menjelang Bulan Ramadan.

Tujuannya, untuk memberikan keringanan dalam mewujudkan kebutuhan bahan pokok di Bulan Ramadhan. ”Kegiatan ini, sudah lama dilaksanakan. Menjadi tradisi yang telah dilakukan sejak dari para pendahulu, kami tinggal melanjutkan,” ujar Ketua RT 3 Arif Syahrial.

Mustofa, selaku pengurus sekaligus sesepuh di RT 3, menjelaskan, sumber dana paket sembako diambilkan dari uang kas RT. ”Alhamdulillah RT kami mempunyai beberapa sumber keuangan, antara lain pengelolaan parkir dan air bersih, serta dari jimpitan,” terangnya.

Total biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan 50 paket sembako, mencapai sekitar Rp 7 juta. Harapan pengurus RT, dengan pemberian sembako ini, akan membantu meringankan beban pengadaan bahan pokok bagi warga. Juga menjadikan berkah untuk semuanya.

Salah satu warga penerima paket sembako, Tardi, mengucapkan terima kasih kepada pengurus. ”Setiap tahun, kami mendapatkan jatah sembako. Semoga ke depan RT kami semakin maju,” harap Tardi mewakili warga para penerima paket sembako.
Bambang Pur