blank
Kepala Kantor Kemenag Kebumen Sukarno diwisuda S3 (Doktor) Manajemen Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Sabtu 9/3.(Foto:SB/Humas Kankemenag Kbm)

KEBUMEN (SUAARABARU.ID)  – Kebahagiaan datang dari Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen Drs H Sukarno MM.

Pria asal Pati itu menyandang gelar Doktor (S3) setelah diwisuda pada Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Sabtu (09/03).

Sukarno, pria yang resmi menjadi Kepala Kantor Kemenag Kebumen 2 Mei 2023 itu menjadi salah satu wisudawan pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana, Magister dan Doctor ke- 55 UIN Raden Mas Said Surakarta.

Sebelumnya ia telah dinyatakan lulus dalam mempertahankan disertasinya dengan nilai (3,82) atau Cumlaude pada Ujian Terbuka akhir Januari lalu.

blank
Sukarno duduk bersama para wisudawan yang meraih Cumlaude di UIN Raden Mas Said Surakarta, Sabtu 9/3.(Foto:SB/Humas Kankemenag Kbm) Surakarta

Usai diwisuda, Sukarno mengaku lega dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantunya dalam proses penyusunan disertasi hingga dinyatakan lulus.

Ia mengakui, tanpa dukungan dan bantuan terutama dari keluarga dan ASN Kemenag Kebumen ia tidak mungkin bisa menyelesaikan disertasinya.

Terlebih sampaikan terimakasih secara khusus kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad yang telah memberikan izin dan dorongan semangat.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas pencapaian ini. Terima kasih saya sampaikan kepada istri dan anak – anak saya, seluruh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan terkhusus saya sampaikan terimakasih kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Bapak H Musta’in Ahmad,”ujar dia.

Pada momen bahagia tersebut, Sukarno juga tidak lupa memohon doa restu kepada seluruh pihak semoga ilmu yang didapatkannya bisa bermanfaat untuk dirinya dalam mendukung program – program yang ada di Kementerian Agama.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan pesan kepada para ASN dilingkungannya, terutama yang masih muda agar jangan bosan menuntut ilmu. Ia ingin ASN di lingkungannya dapat terus meningkatkan kapasitas dan kompetensinya guna mendongkrak performa Kementerian Agama kedepan.

“Jangan bosan menuntut ilmu, mari kita terus belajar dan belajar untuk kemajuan Kementerian Agama tercinta,”pesa pria yang hobi  berolah raga itu.

Komper Wardopo