blank
Sekjen PB WI Ngatino (kiri), saat membacakan surat pengukuhan Pengprov WI Jateng Periode 2023-2027. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana mengatakan, pihaknya berharap cabang wushu mampu berprestasi tinggi di PON XXI/2024 Aceh-Sumut, yang dihelat September mendatang.

Bona menilai, selama ini Pengprov Wushu selalu memegang prinsip sebagai organisasi yang baik (good governance), dan banyak atletnya yang menunjukkan capaian prestasi cemerlang di PON, SEA Games dan Asian Games.

Hal itu seperti yang disampaikannya, dalam Pelantikan Pengprov Wushu Indonesia (WI) Jateng Periode 2023-2027 dan Rakerprov WI Jateng 2024, di Hotel Grand Candi, Semarang, Minggu (3/3/2024).

BACA JUGA: Pemanfaatan Kearifan Lokal untuk Wujudkan Ketahanan Nasional

”Jika di PON Papua mampu meraih 3 emas, 5 perak, dan 5 perunggu, kami minta pada PON Aceh-Sumut, wushu bisa menyumbangkan 5 medali emas. Kami juga sudah masukkan cabor wushu ini, sebagai cabor unggulan pertama di Pelatda PON,” kata Bona, pada acara yang juga dhadiri Kabid Keolahragaan Dinporapar Jateng, Suci Baskorowati.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov WI Jateng, Daniel Budi Setiawan, menambahkan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk mewujudkan prestasi emas di PON XXI Aceh-Sumut. Dimulai dengan menggelar Pelatda, dan mencoba try out ke Vietnam untuk atlet sanda (nomor pertarungan).

”Kami juga akan meningkatkan kemampuan para pelatih taolu (peragaan jurus), agar para atletnya punya kemampuan teknik lebih. Atlet dan pelatih harus punya wawasan internasional, sehingga mampu menjadi yang terdepan dalam mengantisipasi dan menguasai perkembangan teknik wushu,” pesan dia.

BACA JUGA: Pemanfaatan Kearifan Lokal untuk Wujudkan Ketahanan Nasional

Sedangkan Sekjen PB WI Ngatino, yang melantik Pengrov Wushu Jateng, mengapresiasi organisasi dan aspek pembinaan yang telah dilakukan pengprov.

Dia menyebut, harapan KONI Jateng agar wushu bisa meraih lima medali emas, menjadi sebuah target yang realistis. Dia pun menjamin, cabang wushu PON akan berlangsung fair.

Di bagian lain, Ketua Harian Pengprov WI, Sudarsono menyampaikan, dalam Rakerprov Pengprov WI, beberapa hal yang dimatangkan di antaranya persiapan menuju PON 2024, Rakernas Wushu, Sirnas Wushu Taolu Junior 2024 1st Stage, Sirnas Wushu Sanda Pra-Junior dan Junior 2024 (Zona Sumatra, Jawa, Bali, Kaltim, Sulawesi, Papua) pada Mei mendatang.

BACA JUGA: Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024 Kabupaten Magelang Ditetapkan

”Pada bulan Mei mendatang, kami juga mengikuti Simulasi Wasit Juri Taolu dan Sanda PON XXI/2024,” terangnya.

Susunan Pengurus Harian WI Jateng Periode 2023-2027:
Ketua Umum: Ir Daniel Budi Setiawan. Wakil Ketua Umum: Liem Ping An. Ketua Harian: Sudarsono. Sekretaris: Prof Dr Henny Setyawati MSi. Wakil Sekretaris: Mochamad Zaenuri. Bendahara: Budhi Prabawa Sutandya. Wakil Bendahara: Nadia Inggrida Kusumadewi SE MSc.

Pengurus dibantu Bidang Organisasi, Bidang Binpres Taolu, Binpres Sanda, Binpres Kungfu, Litbang, Teknik Kompetisi, Kerja Sama dan Humas, Kesehatan, Pemassalan dan Pembibitan Atlet, Sport Science, Diktar, serta Data Base, IT & Dokumentasi.

Riyan