blank
Menara Mercusuar Willem III di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Foto: Anggry Pello

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menara Mercusuar Willem III yang berlokasi di Jalan Bandarharjo Selatan, Semarang Utara, Kota Semarang ini, merupakan saksi bisu perkembangan pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Walaupun dibangun pada masa kolonial Belanda pada tahun 1879 dan selesai pada tahun 1884, yang artinya sudah berumur 140 tahun. Namun, menara mercusuar tersebut masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Namun siapa sangka, Menara Mercusuar Willem III ini pernah akan dirobohkan pada tahun 2005 untuk pembangunan kawasan perkantoran.

Tetapi, berkat upaya para penggiat pelestarian sejarah, Menara Mercusuar ini berhasil bertahan dan dijadikan landmark penting di Kota semarang.

Pada saat mengunjungi lokasi Menara mercusuar (13/02/2024), mercusuar tersebut tidak lagi dibuka untuk umum, untuk berfoto disekitar bangunan menara mercusuar pun harus mendapatkan ijin dari pihak Distrik Navigasi II yang merupakan penjaga sekaligus pengawas menara mercusuar tersebut.

Tidak terbukanya untuk umum juga dikarenakan penurunan air tanah, sehingga menyebabkan bangunan tersebut mulai tenggelam dan menyusut sekitar 3 meter.

Namun hingga saat ini , Mercusuar dengan baik untuk mengatur alur kapal maupun kapal nelayan yang hendak bersandar.

Pengunjung masih dapat menikmati keindahan mercusuar dengan foto di depan Mercusuar.

Anggry Pello/Rachel Tirza- Mg