TNI-Polri bersama aparat kecamatan dan perangkat desa serta para relawan, menggelar apel siaga tanggap bencana di halaman Balai Desa Pucanganom, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersama para relawan, jajaran TNI-Polri di tingkat Koramil dan Polsek Giritontro, Wonogiri, Minggu (25/2), menggelar apel siaga tanggap bencana. Lokasi apel berada di halaman Balai Desa Pucanganom, Kecamatan Giritontro (sekitar 65 Kilometer arah selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Seperti diberitakan kemarin, bencana puting beliung telah melanda dua dusun di Desa Pucanganom, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri. Yakni di Dusun Ploso dan Kepuh. Menyebabkan puluhan pohon tumbang dan setidak-tidaknya merusakan 35 bangunan. Terdiri atas bangunan Balai Desa dan Gedung SD serta 33 rumah penduduk.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, ikut serta dalam apel tersebut para tenaga medis dari Puskesmas, aparat Pemerintah Kecamatan, para relawan siaga bencana dari tingkat kecamatan dan desa, serta para perangkat desa setempat.

Danramil-09/Giritontro Kapten (Inf) Siswanto melalui Pelda Yatmo, menyatakan, apel siaga ini digelar sebagai upaya untuk memastikan kesiapsiagaan personel. Utamanya dalam upaya mengantisipasi kemunculan bencana alam jenis hidrometereologi yang terjadi pada musim penghujan.

Di musim penghujan ini, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya. Utamanya waspada terhadap bencana hujan angin, puting peliung, banjir dan tanah longsor.

Apel siaga ini, diikuti sejumlah personel dari Koramil-09 dna Polsek Giritontro, Kades Pucanganom beserta perangkat desa setempat. Juga melibatkan para relawan Senkom, relawan RAPI, relawan Giriwoyo Tangguh, relawan Desa Tangguh Bencana (Destana), relawan dari Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Sidoharjo dan dari Pramuyka Sakawirakartika.
Bambang Pur