blank
Plt Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H menyhampaikan sambutan dalam upacara wisuda periode 2 tahun 2024 di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret Surakarta, Sabtu (24/2). (Dok/ HumasUNS)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 165 Sarjana Baru dari 849 lulusan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta lulus dengan predikat cumlaude. Upacara Wisuda Periode 2 Tahun 2024 dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Rektor UNS, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Sabtu (24/2/2024).

Plt Rektor, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. dalam sambutannya berpesan kepada lulusan UNS untuk berperan sebagai duta perguruan tinggi setempat yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dunia kerja membutuhkan keahlian dan keterampilan akademik yang telah diperoleh di UNS sebagai hard skill. Namun itu saja belum cukup jika tidak melakukan proses pembelajaran yang akan dilakukan di dunia kerja nanti.

“Baik hard skill maupun soft skill harus dapat membentuk menjadi pribadi yang adaptif dengan pesatnya perubahan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Berbagai literatur menyatakan, skill yang dibutuhkan pada era digital saat ini bukan saja tentang technology adaption, coding, analisis data, dan sebagainya. Juga keterampilan yang terkait dengan teknologi informasi merupakan hard skill,” kata Dr. Chatarina Muliana.

Namun, tambahnya, dari begitu banyaknya soft skill yang harus dimiliki seperti critical thinking, problem solving, atau team work/ kemampuan bekerja dalam tim, ada satu soft skill yang terutama dibutuhkan dalam dunia kerja yaitu adalah kemampuan berkomunikasi.

Kemampuan komunikasi yang baik akan memfasilitasi dan meningkatkan soft skill lainnya, seperti problem solving, leadership, dan lainnya. Pada akhirnya soft skill yang dimiliki tersebut akan menentukan dan berperan penting dalam pengembangan suksesnya karier. Karena hard skill hanyalah sekadar pintu masuk ke dunia kerja.

“Belajar sepanjang hayat adalah keniscayaan bagi kita yang memiliki keinginan untuk maju dengan terus mengembangkan diri. Pengembangan diri meliputi bagaimana kita tidak hanya terus meningkatkan hard skill, tetapi juga kita harus terus meningkatkan soft skill,” ujar Dr. Chatarina.

Dalam kesempatan sebelumnya Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. melaporkan, UNS mewisuda 849 wisudawan pada wisuda periode ke-2 tahun 2024. Di antara para wisudawan terdapat 165 lulusan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

Pada wisuda kali ini terdapat dua wisudawan yang merupakan mahasiswa luar negeri masing- masing berasal dari Jepang dan Timor Leste.

blank
Suasana upacara wisuda UNS  periode 2 tahun 2024 di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret Surakarta, Sabtu (24/2). (Dok/ HumasUNS)

Terdapat wisudawan dengan capaian luar biasa di antaranya wisudawan tercepat Program Doktor diraih Fafurida dari Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Ekonomi dengan lama studi dua tahun 11 bulan. Wisudawan termuda Program Doktor diraih oleh Bita Gadsia Spaltani dari Prodi S3 Ilmu Hukum, dengan usia 29 tahun 11 bulan.

Wisudawan tercepat Program Magister diraih  Gunarto dari Prodi S2 Ilmu Hukum, lama studi satu tahun empat bulan. Wisudawan termuda Program Magister diraih Aisyah Khilawatun Niswah dari Prodi S2 Teknologi Pendidikan berusia 23 tahun delapan bulan.

Maulina Ratih Kusuma Wardani dari Prodi Psikologi merupakan wisudawan tercepat Program Sarjana dengan  lama studi tiga tahun empat bulan. Wisudawan termuda Program Sarjana diraih Salwa Syauqina Heika dari Prodi Kedokteran ber usia 20 tahun delapan bulan.

Puspita Nur Hidayah Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan  wisudawan tercepat Program Diploma IV dengan lama studi empat tahun. Wisudawan termuda Program Diploma IV diraih Prisca Fransysca dari Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja berusia 21 tahun sembilan bulan.

Krisna Mahardika Putra Anggara dari Prodi Komunikasi Terapan,merupakan wisudawan tercepat Program Diploma III dengan lama studi dua tahun 11 bulan. Wisudawan termuda Program Diploma III diraih Anjalina Aisyah Novitasari Putri dari Prodi Komunikasi Terapan, dengan usia 21 tahun tiga bulan. Bagus Adji