blank
Prodi IE FEB UKSW gelar kuliah tamu dengan topik Mengenal Prinsip-Prinsip Makroekonomi dan Aplikasinya. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka internasionalisasi, Program Studi (Prodi) Ilmu Ekonomi (IE) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik “Mengenal Prinsip-Prinsip Makroekonomi dan Aplikasinya”, Rabu (21/2/2024) di ruang FE319.

Program rutin Prodi IE ini diikuti sebanyak 73 peserta yang terdiri dari dosen Prodi IE dan mahasiswa mata kuliah Makroekonomi yang diampu oleh Dr. Birgitta Dian Saraswati, S.E., M.Si., Eranus Yoga Kundhani, S.E., M.Si., dan Yulius Pratomo, S.E., MIntDevEc.

Untuk kedua kalinya, kuliah tamu Prodi IE menghadirkan pakar ekonomi pembangunan Prof. Sadono Sukirno seorang Emiritus Profesor dari University of Malaya sebagai narasumber tunggal. Mengawali paparannya, Prof. Sadono Sukirno mengajukan pertanyaan kepada para peserta mengenai konsep dan analisis yang digunakan dalam ilmu ekonomi. “Kita perlu memahami terlebih dahulu konsep makroekonomi sebagai bagian dari analisa ekonomi,” ungkapnya.

Menurutnya, terdapat dua pendekatan yang digunakan untuk menerangkan kegiatan ekonomi yaitu pendekatan bersifat deskriptif dan teoritis. Prof. Sadono Sukirno menuturkan kegiatan ekonomi dalam perekonomian terbagi menjadi dua sisi. Pertama dilihat dari sisi produksi dan yang kedua dari sisi perbelanjaan barang. “Bidang studi makroekonomi digunakan untuk menganalisa perbelanjaan yang dilakukan dalam ekonomi,” jelasnya.

Dalam paparannya, Prof. Sadono Sukirno menekankan beberapa bentuk analisis dalam teori makroekonomi seperti menganalisis perbelanjaan dalam perekonomian dan persoalannya, hingga tahap analisis.

Persoalan ekonomi

Penulis buku berjudul Prinsip-Prinsip Ekonomi, Teori Dasar dalam Mikroekonomi dan Makroekonomi ini mengungkapkan persoalan ekonomi yang dianalisis dapat dibedakan menjadi empat aspek.